ITS News

Jumat, 01 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Gading Perahu ITS Dipasang

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Surabaya Post- Surabaya

Meski dana seret, tim ITS Maritime Challenge 2002 dan jajaran Rektorat Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya tidak patah semangat.

Tim yang akan bertanding di Maine Amerika Serikat Juni 2002 justru menyiapkan syukuran peletakan gading utama kapal. Kapal itu merupakan replika kapal perang Perancis yang pernah ditangkap Inggris pada Perang Inggris Raya tahun 1796.

Kapal garapan tim ITS ini bahkan sudah punya nama, Simplicity (kesederhanaan). Menurut rencana, peletakan gading utama Simplicity dilakukan Rektor ITS, Selasa (19/2) pekan depan. Acara syukuran dilaksanakan di Bengkel Kayu Politeknik Perkapalan ITS.

"Penggarapan perahu Simplicity terus dilakukan. Selasa depan, kami menggelar syukuran peletakan gading utama," kata Pembantu Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Komunikasi ITS, Daniel Mohammad Rosyid PhD, Rabu (13/2).

Seperti diberitakan, perjuangan 20 mahasiswa ITS untuk bisa menjadi peserta Atlantic Challenge 2002 harus melalui jalan berliku setelah pihak Habibie Centre menolak proposal permohonan dana.

Selain Habibie Centre penolakan dana juga datang dari PT Gudang Garam Kediri dan Indosat Wilayah Timur.

Sementara PT HM Sampoerna belum memberi jawaban. Sambil menunggu perkembangan pendanaan, kata Koordinator Produksi, Mangoloi M. Siallagan, seluruh anggota tim sepakat terus menggarap itu.

Tim mahasiswa ITS ini lolos seleksi mengikuti Atlantic Challenge di kota Maine, Amerika Serikat pada 11-17 Juni. Untuk pembuatan kapal dan memberangkatkan tim dibutuhkan dana hingga Rp 1,2 miliar.

20 mahasiswa ITS ini gabungan mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, dan Teknik Kelautan. Tim ini juga diperkuat mahasiswa dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. (dek)

Berita Terkait