ITS News

Jumat, 01 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Fundamental dan Aplikasi Teknik Kimia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam rangka Dies Natalis ke-41 ITS, Jurusan Teknik Kimia ITS mengadakan seminar nasional. Seminar tahunan ini merupakan yang kelima kali sejak tahun 1996. Seminar yang mempunyai tema "Fundamental dan Aplikasi Teknik Kimia" ini berlangsung di uang seminar Perpustakaan Pusat ITS, pada tanggal 8-9 Nopember 2001.

Seminar dibuka oleh Pembantu Rektor I Ir. Supeno Djanali,MSc.PhD., yang mewakili Rektor ITS. Menurut beliau, orang-orang yang berkecimpung di bidang Teknik Kimia, umumnya kompak dan penuh kegiatan ilmiah. Buktinya banyak sekali seminar-seminar atau pertemuan ilmiah yang dilaksanakan Teknik Kimia, baik dari ITB, UGM, maupun ITS sendiri. "Jurusan lain kayaknya kho' kurang dalam pertemuan ilmiah dibanding Teknik Kimia ini," ucap beliau disela-sela acara pembukaan.

Seminar ini juga mengenang Prof. Oejoe Djoeriaman,MSc.PhD.,(Alm) sebagai guru besar Teknik Kimia ITS, yang telah banyak berjasa bagi perkembangan Teknik Kimia di Indonesia. Hadir dalam seminar ini dari kalangan industri, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, dan mahasiswa. Turut hadir juga keluarga dari almarhum dan sponsor yang turut menyukseskan acara ini. Jumlah yang hadir dalam seminar ini kurang lebih 150 orang.

Seminar ini merupakan forum diskusi dan pertukaran informasi antar para peneliti dan praktisi dalam bidang yang berhubungan dengan industri kimia. Banyak hasil-hasil penelitian dari kalangan industri, lembaga penelitian, maupun mahasiswa yang dipresentasikan. Hasil dari penelitian merupakan dasar-dasar dari ilmu Teknik Kimia yang aplikatif.(akh/bch)

Berita Terkait