ITS News

Sabtu, 25 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

FTK, Panitia Ulang Tahun ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam rangka Dies Natalis ITS kali ini, semua kegiatan yang direncanakan oleh FTK diharapkan dapat meningkatkan image masyarakat umum, masyarakat industri dan pemerintah terhadap eksistensi dan prestasi ITS. Selain itu, juga diharapkan mampu membina terjalinnya kerjasama yang semakin baik antara ITS dengan Perguruan Tinggi lain, industri dan Pemerintah Daerah.

Lebih dari itu, tujuan Dies Natalis kali ini juga sebagai ajang mempererat tali kekeluargaan diantara civitas akademika, alumni keluarga besar ITS serta masyarakat yang berkepentingan dan memiliki kepedulian terhadap ITS. "Untuk itu, tema yang kita ambil ulang tahun ITS kali ini adalah MELAJU KE PUSAT UNGGULAN TEKNOLOGI. Hal ini dimaksudkan bahwa semua teknologi yang dipelajari di ITS ini bisa menjadi pusat unggulan karena kampus kita ini kampus teknik," terang Ir Asjhar Imron MSc MSE PED, ketua panitia Dies Natalis ITS ke-44.

Sebagaimana tujuan awal, penyelenggaraan Dies Natalis kali ini tidak hanya diperuntukkan bagi civitas akademika ITS (Mahasiswa, Dosen dan karyawan, red), tetapi juga alumni dan keluarga besar ITS dan masyarakat umum. "Seperti tujuan semula, bahwa kegiatan ini tidak hanya untuk warga ITS. Tetapi juga masyarakat yang memiliki kepentingan dan peduli dengan ITS, baik itu masyarakat akademika, masyarakat industri maupun masyarakat umum," kata Asjhar.

Selama pelaksanaan kegiatan tersebut nantinya akan ada tiga kegiatan seremonial. Diawali dengan opening ceremony di Stadion ITS pada 21 September 2004 dan langsung dilanjutkan dengan berbagai perlombaan olahraga. Tepat 10 Nopember akan diadakan upacara Dies Natalis yang bertempat di Graha Sepuluh Nopember. Rangkaian kegiatan selama kurang lebih 3 bulan itu akan ditutup dengan closing ceremony yang akan dilaksanakan di lapangan upacara ITS disertai dengan kegiatan jalan sehat berhadiah dan panggung gembira.

Asjhar menambahkan, adanya beberapa kegiatan ilmiah dan sosial yang akan dilaksanakan selama jelang ulang tahun ITS nanti. "Selain perlombaan olahraga, juga akan diadakan kegiatan ilmiah yaitu orasi ilmiah dan beberapa seminar. Juga akan diadakan donor darah oleh dosen, karyawan dan mahasiswa dan penanaman Mangrove di Pantai Kenjeran sebagai kegiatan sosialnya," tutur pria berkaca mata ini.

Lain dari itu, beberapa kegiatan seni dan pameran juga telah direncanakan oleh panitia. Pertunjukan seni tradisional dan modern, festival band antar fakultas, festival burung, pagelaran musik dan peragaan busana merupakan kegiatan seni yang dapat diikuti oleh seluruh civitas akademika ITS dan siswa SMU di Surabaya.

Sedangkan acara pameran, yang rencananya akan diadakan selama tiga hari, akan menampilkan karya mahasiswa, karya dosen serta produk dan jasa konsultan. Produk kerajinan daerah, mitra industri serta potensi dan aset wisata Pemerintah Daerah juga akan mendapat jatah tampil dalam pameran tersebut.

"Selama kegiatan pameran nanti juga akan dilakukan serangkaian kegiatan seni dan ilmiah, diantaranya pemilihan Cak Ning ITS, Modelling, Lomba anak-anak dan panggung band dan seni tradisional," tambah Asjhar yang juga Dekan FTK ITS. (sept/bch)

Berita Terkait