ITS News

Selasa, 04 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

Erlita Rancang Stasiun "high-tech&quot

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Di saat PT.Kereta Api Indonesia sedang memperbaiki manajemennya. Mahasiswi Arsitektur malah membuat rancangan stasiun kereta api. Namun, itu bukan sekedar stasiun biasa- tempat untuk menaikan atau menurunkan penumpang . Melainkan rancangan ini mempunyai tema "high-tech".

Inilah salah satu design bagunan yang akan dipresentasikan oleh Erlita Metasari F, di School of Architecture Assumption University, Bangkok. Perlu diketahui bahwa pada 24 sampai 28 April 2002 nanti Jurusan Arsitektur akan mengikuti serangkaian kegiatan "Student Work in ARCHITECH’02" di Thailand, yang diwakili oleh Erlita dan I Gusti Ngurah Purusha.

Sebenarnya, jelas Erlita, ide dasarnya melihat kondisi fasilitas yang dimiliki sebuah bangunan stasiun saat ini masih kurang. Seperti, pada tempat untuk menaikan atau menurunkan terkadang menjadi satu tempat. Dan tempat parkir yang cenderung kurang teratur. "Hal tersebut sebenarnya sangat sepele. Tapi, kenyataannya itulah sumber kesemrawutan didalam stasiun", katanya sambil membayangkan pengalamannya melihat kondisi stasiun Gubeng ketika ramai.

Untuk mengatasi permasalahan itu, dalam rancangannya akan disediakan berbagai fasilitas. Tempat parkir akan dibuat bertingkat seperti bagunan perkantoran. Dan arus penumpang akan diarahkan sesuai dengan tujuan masing-masing. Jadi para penumpang akan merasa nyaman dan aman. Itupun masih ditambah berbagai fasilitas lainnya, seperti design dari bagunan itu sendiri yang mempunyai gaya modern dan "high-tech". "Kesan ini segaja saya tampilkan agar sesuai dengan tema bagunannya", ungkapnya saat ditemui disela-sela foto bersama dengan teman-teman seangkatannya.

Dalam pembuatan rancangan ini, Erlita tak sekedar menggunakan imajinasinya saja. Melainkan melakukan pendalaman dengan survey secara langsung di stasiun Gubeng. Bahkan ada pengalaman menarik ketika melakukan survey tersebut sempat dicurigai oleh petugas. "Mungkin petugasnya tahu kalau saya sering melihat-lihat disana", kenangnya.

Rancangan bagunan stasiun ini merupakan Tugas Akhirnya yang memperoleh nilai AB. Meski begitu dia tak merasa besar hati. Maka setiap ucapan selamat dari teman-temannya selalu dibalasnya dengan senyuman manis.(rom/rif)

Biodata
Nama : Erlita Metasari F.
NRP : 3297 100 068
Tempat/tanggal lahir :Gresik,12 Februari 1979
Agama : Islam
Judul TA : Stasiun Kereta Api Surabaya Gubeng
Pengalaman Organisasi :1.Sie Humas Pelaksana seminar dan pameran
2.Sie Humas Lustrum Jurusan Arsitektur

Berita Terkait