ITS News

Sabtu, 28 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

EL-MAN Raih 3 The Best (Kontes Robot-3 habis)

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Hiruk pikuk suasana di gedung Graha ITS oleh panitia dan peserta lomba robot semakin bertambah dengan kedatangan para suporter masing – masing peserta yang ingin menyaksikan jagoan mereka berlaga dalam kontes robot ITS kali ini. Dari pengamatan reporter media ini,tampak suporter yang ada dilantai 3 meneriakkan nama tim mereka dengan penuh semangat seraya melambai-lambaikan bendera bertuliskan nama tim yang mereka jagokan. Sementara tim yang akan berlaga masih sibuk mengecek kondisi robotnya sebelum diadu.

Diantara para suporter, tampak puluhan suporter berseragam sekolah, putih abu-abu, meneriakkan nama tim EL-MAN. Mereka adalah siswa siswi MAN 1 Jember yang datang untuk memberikan dukungan kepada satu-satunya tim yang mewakili almamater mereka.

Dari seluruh pengunjung Graha ITS, suporter EL-MAN memang paling banyak. Bahkan suara suporter EL-MAN mampu menenggelamkan suara suporter tim asal Surabaya yang jumlahnya tidak kalah dengan jumlah suporter EL-MAN. "Kita sengaja datang langsung dari Jember ke sini untuk memberikan semangat sama EL-MAN biar bisa menang," ujar Dwi, salah seorang siswi MAN 1 Jember. Siswi kelas 2 yang juga aktif sebagai reporter media sekolahnya itu tidak hanya memberikan suport pada EL-MAN, tapi juga meliput jalannya lomba mulai awal sampai lomba berakhir.

Keberhasilan tim EL-MAN menduduki posisi juara II cukup sebagai obat lelah para pendukungnya. Terlebih ketika EL-MAN juga dinyatakan berhak menyandang tiga penghargaan The Best. "Kami datang kesini ini atas inisiatif sendiri dan biaya sendiri, makanya kami juga bersyukur karena EL-MAN dapat banyak penghargaan, sehingga kami tidak rugi jauh-jauh dari Jember ke Surabaya," tutur siswa yang lainnya.

Seperti yang telah dijanjikan oleh ketua panitia, Hasan Firdaus, bahwa peserta tidak hanya memperebutkan gelar juara I, II dan III saja. Tapi mereka juga masih bisa memperebutkan 10 kategori The Best yang telah ditetapkan oleh panitia. Dan seusai dilaksanakannya babak final, para dewan juri menentukan siapa saja yang pantas untuk mendapat gelar The Best dalam kontes robot kali ini.

"Dari 20 tim peserta, tim EL-MAN yang paling banyak mendapat The Best, yaitu The Best Performance, The Best Mechanic Design dan The Best Time Score," kata Ir. Dodet P. M Eng, Ph D, selaku koordinator juri. Untuk The Best Time Score, EL-MAN berhaisl mencatat waktu tercepat diantara tim lainnya, yaitu 24,1 detik.

Sedangkan 7 The Best lainnya masing-masing diraih oleh tim APRI sebagai The Best Idea, tim DASH sebagai The Best Mobility dan tim WARUI dengan gelar The Best Art Design. Sementara The Best Team diraih oleh tim asal Pasuruan yaitu NGE-BOR dan The Best Spirit oleh tim KHADIJAH. Sedangkan tim juara, yaitu tim NAJWA berhasil memboyong dua gelar The Best, masing-masing The Best Electronic Design dan The Smartest Robo.

Keberhasilan NAJWA meraih gelar The Smartest Robo tidak lain adalah karena robot ciptaan NAJWA ini tidak hanya mampu membaca lintasan yang harus dia tempuh, tapi juga mampu memilih lintasan terpendek untuk ditempuhnya agar lebih cepat mencapai finish.(sept/har)

Berita Terkait