ITS News

Minggu, 25 September 2022
15 Maret 2005, 12:03

EFISIENSI DULU BARU KUALITAS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

I:Selamat Pagi Pak Nuh,kelihatannya PENS selaku "anak" ITS telah siap untuk melepaskan diri dari induknya?

N:Ah jangan terlalu berlebihan dalam menarik kesimpulan,kita tidak akan pernah akan melakukan "separate" dari ITS.Separate dalam hal ini berkonotasi lainnya.

I:Maksud dari "separate" bapak adalah seperti otonomi khusus seperti itu?

N: Ya betul.Kita akan berusaha otonom sendiri dalam hal kebijakan pengeluaran dan kebijakan lainnya khususnya dalam hal pengelolaannnya.Bahkan soal Ormawa PENS memiliki BEM sendiri diabwah koordinasi BEM pusat.

I:Bagaimana tanggapan bapak menyoal anggapan bahwa PENS hanya mampu hidup karena JICA saja?

N:Kita sebenarnya bisa sudah bisa berkembang dan hidup mandiri semenjak PENS habis masa kontraknya dengan JICA pada awal 1992 dan sejak saat itu pertumbuhan PENS sangat baik dan ternyata JICA mereportnya juga dan buktinya kita dapat JICA special Awards yang merupakan penghargaan kepada suatu proyek JICA diluar negeri yang dianggap berhasil.

I:bagaimana arah kebijakan yang Bapak ambil bagi PENS sehingga PENS mampu melesat jauh dari pada ITS sendiri?

N:Ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh sebuah institusi agar institusi tersebut dapat mencapai suatu kinerja yang baik.tahap pertama adalah melakukan efisiensi dalam segala hal.Efisiensi dalam hal ini jangan dianggap mematikan potensi .Dalam hal ini kita harus "approciate".

I:maksud Bapak?

N:Contoh riilnya yaitu dalam kebijakan pengeluaran anggaran dimana ada suatu proyek yang benar-benar membutuhkan dana 100 juta dan akan menghasilkan suatu yang optimal jika diberi dana sebesar tersebut maka kucurkan dana sebesar itu.Terbalik jika suatu proyek yang hanya membutuhkan dana 10 juta untuk maksimal output ternyata diberi lebih maka hal itu tidak efisien.

I:Bagaimana memulainya dari awal untuk ITS secara keseluruhan?

N: contoh riilnya yaitu untuk listriknya saja ITS butuh dana 2.3 Milyar ,jika terjadi efisiensi minimal 10 persen saja maka dana sebesar 230 juta tersebut dapat digunakan untuk membangun fasilitas fisik 30 meterper segi dan jika untuk 3 tahun dapat 100 meter persegi.Efisiensi dapat dimulai dari pengkontrollan jumlah Kwh yang dipakai oleh setiap gedung dan di ITS hal ini belum dapat dimulai.

I:Selanjutnya sebenarnya PENS ada di tahap efisiensi?

N: Efisiensi adalah tahap awal saja dan tahap selanjutnya yaitu tahap menuju kualitas dan tahap terakhir adalah improving to develop.Sejujurnya PENS ITS baru saja melangkah dari arah efisiensi ke arah kualitas.JICA 1999 lalu menyarankan kami dengan SPEET Project sebagai project kami untuk kearah kualitas dan menuju kearah selanjutnya.

I:Berarti program SPEET meruapakan Program dalam rangka peningkatan kualitasPENS Sendiri?

N:Saya rasa begitu dan mungkin kita akan dapat dana untuk membangun sebuah center(pusat) riset yang lainnya.Kita saat ini baru saja dapat membangun sebuah training center dan pengembangan program D-IV dan pengembangan e learning IT.

I:Apa saja yang perlu dilakukan PENS dalam rangka lepas dari SPEET JICA tahun 2004 mendatang?

N:banyak,yang jelas banyak rencana yang sudah saya persiapkan nantinya(blh)

Berita Terkait