ITS News

Jumat, 02 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

E-mail gratis dengan domain its.ac.id

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebuah terobosan terbaru agaknya diterapkan oleh ITS-Net dalam rangka pengenalan teknologi informasi kepada mahasiswa. ITS-Net – notabene berada di bawah komando UPT Pusat Komputer – membuka pendaftaran e-mail dengan domain its.ac.id sesuai dengan jurusannya secara komersial

Pendaftaran ini diprioritaskan untuk mahasiswa baru ITS angkatan 2002/2003. Mereka tidak perlu lagi membayar biaya account e-mail lagi karena sudah melunasinya ketika membayar IKOMA pertama kali.

Kondisi ini berbeda dengan mahasiswa lama dan user lain. Pengguna ini harus membayar Rp.15.000,00 tiap tahun agar memperoleh e-mail dengan domain its.ac.id. Jika keberatan, dapat berlangganan Rp. 1.500,00 tiap bulan.

Apa keuntungan memiliki e-mail domain ITS? Menurut Adi Kilon, admin server ITS-Net, pihak UPT Puskom akan memasang tiga terminal komputer di lingkungan ITS. Tiga komputer itu berada di KPA Dr. Angka, Perpustakaan lantai satu, dan UPT Puskom. "Ini sebenarnya satu terobosan menuju internet yang murah," ujar mahasiswa elektro angkatan 1997 ini. Di tiga terminal ini nantinya, mahasiswa bisa melihat dan mengirim e-mail GRATIS. "Kalau ke warnet kita bayar ‘bill’ saat surfing web, tapi di terminal ini bakal bebas biaya," tambahnya.

Pihak UPT Puskom membenarkan kalau pihaknya akan meluncurkan program ini. "Dalam minggu-minggu ini (awal September, red) kami mulai memasang komputer di tiga tempat itu," ujar Ir.Katjuk Astrowulan,MSEE., Kepala UPT Puskom. "Kami akan publikasikan kepada mahasiswa lewat berbagai media nantinya," tambahnya.

Prosedur pendaftaran, mahasiswa datang ke Puskom sebelum 10 September 2002 untuk mendaftarkan diri mengikuti sosialisasi dan pengisian formulir serta pemberian alamat E-mail yang akan diselenggarakan tangal 11-12 September 2002 di Gedung Perpustakaan Pusat Lantai 2. Contoh, jika ia bernama Bambang dari jurusan Fisika, ia akan mendapat alamat E-mail bambang@fisika.its.ac.id. Bagi mereka yang tidak atau belum sempat ikut pada tanggal 11 dan 12 September, diberi kesempatan mendaftar langsung ke ITS-Net di Gedung Perpustakaan Pusat lantai 6. Untuk selengkapnya lihat AGENDA AKTIVITAS. (tov/bch)

Berita Terkait