ITS News

Selasa, 07 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Diperebutkan, 4.750 Kursi Program D-3

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selasa, 13/08/2002
SURABAYA –Paling tidak, ada 1.750 kursi D-3 dan ekstensi di ITS; 1.500 kursi D-3 di Unair; dan 1.500 kursi untuk program SIMPETI (Seleksi Integratif Masuk Perguruan Tinggi) Unair yang bisa diperebutkan.

Di ITS, seleksi akan dilakukan hari ini. Sebanyak 2.600 pendaftar akan mengikuti seleksi di kampus Sukolilo. Mereka memperebutkan kursi di program sarjana ekstensi, program D-3 reguler, program D-3 ekstensi, poltek reguler, dan poltek ekstensi. Materi tes meliputi Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris. "Hasil tes ini akan diumumkan pada 15 Agustus lusa," kata Dr Ir Priyo Suprobo MSC, panitia.

Sedangkan di Unair, tes program D-3 digelar besok lusa (15 Agustus) untuk yang memilih jurusan IPA dan 16 Agustus untuk jurusan IPS. "Jadi pendaftar masih punya waktu untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya," terang Ketua Panitia Pendaftaran D-3 Unair Dr Sherman Salim drg Ms.

Disinggung berapa jumlah pendaftar, Sherman menyebutkan ada 4.600 orang. Sedangkan bangku yang tersedia hanya 1.500 mahasiswa. "Tentu saja konsekuensinya persaingan menjadi lebih ketat," terangnya.

Dibandingkan tahun lalu, kata Sherman, jumlah pendaftar tahun ini menurun. Sebab, tahun lalu pendaftar D-3 Unair mencapai di atas 5 ribu orang. Sedangkan kursi yang tersedia sekitar 1.200. "Kalau sekarang menurun, saya kira karena semakin banyak alternatif program studi ditawarkan perguruan tinggi," paparnya.

Seleksi di Unair ini akan diumumkan pada 19 Agustus mendatang. Peserta yang lolos bisa langsung melakukan daftar ulang.

Sementara itu, kemarin Unair telah menggelar tes untuk gelombang II program SIMPETI. Ini termasuk jalur alternatif agar bisa kuliah di Unair. Tercatat 1.500 pendaftar yang berkompetisi. Pada gelombang I telah tersaring 721 mahasiswa baru. Mereka ini berhak mengikuti kuliah seperti halnya mahasiswa baru yang lolos SPMB.(ani)

Berita Terkait