ITS News

Sabtu, 28 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

DIKLATSARKOP XII CETAK KADER BERMOTIVASI

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sudah menjadi kewajiban bagi Kopma Dr. Angka ITS untuk bisa mencetak kader-kader yang unggul dan berpotensi. Untuk itu, Kopma Dr. Angka mengharuskan kepada semua calon anggota baru Kopma untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Koperasi Tingkat Dasar XII (Diklatsarkop XII) sebagai syarat untuk bisa menjadi anggota Kopma. Diklatsarkop XII kali ini diadakan di Wisma Telkom, Prigen Pasuruan, 26-27 September 2003.

Diklatsarkop XII ini merupakan yang kedua kalinya bagi Kopma Dr Angka mengadakan diklat di luar kota Surabaya. "Diklatsarkop yang pernah diadakan sebelumnya selalu di kota Surabaya. Baru pada Diklatsarkop XI bulan Mei lalu, pertama kalinya kita adakan keluar kota. Alhamdulillah, ternyata kali ini kita juga bisa adakan di luar kota lagi," ujar Novian, Direktur Utama Kopma.

Sebelum berangkat ke lokasi diklat, terlebih dahulu acara dibuka oleh Direktur Utama Kopma Dr Angka ITS di KPA Dr Angka lt. 1 pukul 16.00 BBWI. Merupakan suatu yang diluar kebiasaan karena biasanya kegiatan Diklatsarkop selalu dibuka oleh Pembantu Rektor III atau Pembina Kopma Dr Angka ITS. "Saya sudah menyampaikan undangan resmi baik kepada PR III, Pak Jazidie, maupun kepada Pembina Kopma, Ibu Murtijas. Namun kebetulan sekali PR III sedang pergi ke Jepang sedangkan Ibu Murtijas sedang ada keperluan lain, jadi langsung saya buka saja acaranya. Selain itu, sebenarnya saya juga merasa kecewa kepada beberapa peserta yang tidak hadir pada pembukaan ini. Karena dari 37 peserta yang dinyatakan ikut ternyata hanya 24 orang yang hadir," kata Novian.

Namun demikian, mahasiswa Teknik Industri ’00 ini menyatakan cukup bangga atas usaha panitia dalam hal ini sie publikasi. Karena terbukti sampai hari terakhir pendaftaran jumlah pendaftar yang tercatat ada 105 orang. Jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah pendaftar diklat sebelumnya yang hanya 80 orang. "Dibandingkan diklat yang lalu, jumlah pendaftarnya jauh lebih banyak yaitu dari 80 pendaftar menjadi 105 pendaftar. Dari 105 pendaftar itu ada 65 orang yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti screening. Sedangkan yang berhasil diterima berdasarkan hasil screening ada 40 orang dan 5 orang cadangan. Dari jumlah tersebut 37 orang yang mengikuti Diklatsarkop XII," tambah Novian.

Kegiatan yang termasuk dalam program kerja Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) ini mengambil tema ‘Menciptakan Kader Kopma yang Berkualitas dan Bermotivasi Tinggi serta Sadar akan Peran dan Fungsi dalam Kopma’. "Pengambilan tema seperti itu kita maksudkan agar kader-kader Kopma yang baru itu nantinya tidak hanya berkualitas saja tapi juga memiliki motivasi tinggi untuk lebih memajukan Kopma. Karena kualitas tanpa motivasi tentunya tidak akan bisa dimanfaatkan dan digunakan dengan maksimal," jelas Santi, koordinator SC.(sept/bch)

Berita Terkait