ITS News

Rabu, 30 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

Diklatsar XI Kopma ITS, Awal Baru Dari Generasi Baru

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kegiatan yang dibuka oleh Dr. Ir. Achmad Jazidie, MEng, ini berlangsung di dua tempat. Di hari Jum’at, yang merupakan hari pertama diklat, acara berlangsung di ruang sidang FTSP. Uniknya, hari selanjutnya peserta diboyong ke Padepokan Asah Terampil, Gondang, Mojokerto. Digunakannya dua tempat ini, menurut panitia, tidak terlepas dari materi yang diberikan dalam pendidikan dan latihan dasar ini. "Pelatihan tidak hanya berupa indoor training saja tapi juga mencakup outdoor training," terang Destina selaku ketua Steering Comite even ini.

Selain digelar di dua tempat yang berbeda, materi yang diberikan cukup variatif dan menarik minat dari peserta diklatsar. Ini berbeda dengan konsep diklatsar kopma sebelumnya, yang hanya dilaksanakan di satu ruangan tertutup dan menitikberatkan pada bidang koperasi saja. Pada pelatihan kali ini, selain materi tentang perkoperasian, juga ditambahkan materi setingkat LKMM TD. Disamping itu juga diberikan materi yang bertujuan mengembangkan kemampuan diri dan kelompok. Misalnya Personality Plus, Team Building dan Wawasan Ormawa.

Sesi materi yang dilaksanakan diluar ruangan juga memberi nuansa tersendiri bagi peserta. Kunjungan ke pabrik jamur serta outbond trainning mendapat tanggapan positif dari peserta. "Cukup menarik mbak. Kalau pelatihan model gini akan banyak yang masuk kopma," ujar salah seorang peserta. " Diklatsar kali ini memang dikemas berbeda dengan Diklatsar sebelumnya. Hal ini kami maksudkan untuk menarik minat para calon kader Kopma," tambah Destina.

Tim SC, tambah Destina, telah berhasil menyusun pedoman materi yang baku. Hal ini akan memudahkan SC dalam menyusun materi dan menjadi arahan bagi diklatsar selanjutnya. "Kami sangat berharap Diklatsar kali ini, benar-benar bisa memberikan output yang baik untuk Kopma. Bisa membentuk kader-kader yang handal, yang berjiwa dan berkepribadian koperasi, serta sadar akan hak dan kewajibannya sebagai anggota Kopma," harap Desti sapaan akrab Destina.

Meskipun agenda acara sangat padat, namun peserta cukup antusias mengikutinya. Ini terbukti dari komentar beberapa peserta."Bayangkan aja mbak, mulai pagi sampai lewat tengah malam. Capek juga sih, tapi saya senang bisa tahu banyak tentang koperasi," kata Eni, salah satu peserta. Komentar senada juga diungkapkan oleh Nur Aisyiah. Menurut Nur, dirinya sangat senang menegetahui hal apa saja yang berkaitan dengan kopma." Dengan begini saya tahu banyak apa itu koperasi mahasiswa, apa itu SHU. Saya senang sekali bisa bergabung di Kopma ITS," terang Nur Asiyah. (m5/har)

Berita Terkait