ITS News

Rabu, 30 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

Diklat Kopma XII Sukses Capai Target

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kekhawatiran semua elemen kepanitian Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Koperasi Tingkat Dasar XII (Diklatsarkop XII) usai sudah. Berkat kerja sama semua panitia permasalahan yang tiba-tiba saja muncul menjelang hari H pelaksanaan diklat mampu diatasi dengan baik. Diklatsarkop XII yang berlangsung selama 3 hari(2-28/9) itupun berjalan lancar. Bahkan diklat kali ini mampu mencapai target yang diharapkan oleh panitia.

"Pada diklat kali ini harapan saya tidak jauh dari dasar koperasi itu sendiri, yaitu mengharapkan mereka untuk memiliki kemandirian dan profesionalisme dalam berorganisasi," ujar Novian Kusuma, Direktur Kopma.

Mahasiswa Teknik Industri ini juga menambahkan, perlunya semua peserta diklat Kopma menyadari kalau ini merupakan gerbang awal bagi mereka. Dan untuk selanjutnya mereka bisa lakukan apapun yang terbaik buat Kopma dimasa mendatang.

Sementara itu, beberapa pemandu dan jajaran kepengurusan Kopma menyatakan cukup puas dengan hasil diklat kali ini. "Peserta Diklatsarkop XII ini tampak lebih cepat menguasai materi yang disampaikan daripada peserta Diklatsarkop XI. Apalagi materi pemahaman koperasi yang merupakan materi penting dalam pelatihan ini," tutur Reny, salah satu pemandu.

Namun mahasiswi Statistik '01 yang juga asisten direktur Pengembangan Usaha ini kurang puas karena dari segi kekompakan peserta diklat XII tidak bisa mengungguli kekompakan peserta diklat XI.

Hal ini juga dibenarkan oleh Santi, koordinator SC. "Untuk diklat kali ini kami memang lebih menekankan pada pemahaman materi. Sedangkan diklat yang lalu lebih ditekankan pada pengembangan diri. Dan penekanan pada materi tersebut kami rasa sesuai dengan tema yang kami angkat," tutur Santi.

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan tersebut panitia telah menyiapkan beberapa kegiatan pasca pelatihan (KPP) yang harus mereka tangani. "Seperti biasa, setelah mereka selesai melaksanakan diklat dan resmi menjadi anggota Kopma, maka terlebih dahulu mereka harus menyelesaikan beberapa kegiatan yang menjadi agenda Kopma. Untuk itu kami telah menyiapkan beberapa KPP yaitu Diklatsarkop XIII, Achieve Motivation Training (AMT), Bursa Saham dan Kopma Fair," jelas Santi.

Santi menambahkan, sebagai penanggung jawab kegiatan tersebut tidak semuanya dibawah tanggung jawab peserta diklat XII. "Untuk penanggung jawab Bursa Saham dan Kopma Fair adalah peserta diklat XI karena itu memang KPPnya diklat XI. Peserta diklat XII hanya membantu, tapi tetap aktif. Baru pada Diklatsar XIII dan Achieve Motivation Training (AMT) peserta diklat XII yang bertanggung jawab. Kami sengaja demikian karena kalau kami berikan KPP lagi kami takutnya semua kegiatan itu tidak berjalan maksimal karena agenda Kopma sendiri sudah terlalu banyak," ungkap mahasiswi Kimia-MIPA '01 ini.(sept/rom)

Berita Terkait