ITS News

Jumat, 01 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Desain Antena Ponsel Yang Aman

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dampak headphone terhadap seorang anak dan orang dewasa cukup berbahaya. Ini terkait dengan penyerapan radiasinya. Seorang anak dapat menyerap dua kali lipat dibandingkan dengan orang dewasa. Pasalnya seorang anak memiliki bagian kepala yang masih tipis. Dan mereka memiliki kebiasaan jika menggunakan headphone terlalu dekat dengan otak.

Permasalahan ini diungkapkan oleh Prof.Osamu Fujiwara dari Nagoya Institute of Technology, dalam "The Fourth Industrial Electronics Seminar." Dengan makalahnya "Talks on Research activities For Mobile Phones and Dosimetry Evaluation."

Oleh karena itu, dalam makalah beliau menjelaskan tentang diperlukan suatu desain antena headphone yang sesuai dengan bentuk kepala. Serta bergantung pada impedansi input antena itu sendiri.

Artinya bahwa headphone yang dipergunakan untuk anak kecil, tentunya mempunyai desain antena yang berbeda dengan desain antena headphone yang dipakai oleh orang dewasa.

Berdasarkan dengan perhitungan yang telah dilakukan, beliau menunjukkan bahwa desain daripada antena juga berpengaruh pada timbulnya distribusi temperatur. Pada portable telepon puncak temperaturnya dibawah 0,2 derajat celcius.

Dalam kesempatan ini juga Ir.Era Purwanto MEng, ketua panitia IES 2002, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggali dari potensi dari kalangan dosen. "Ini sebagai jembatan bagi teman-teman dosen untuk menunjukkan hasil pemikirian selama ini, "terang staf pengajar Poltek Elektronika..

Kegiatan ini sendiri menerima sekitar 110 makalah dengan 74 makalah yang dipresentasikan dalam berbagai bidang antara lain image processing, system informasi, power electric, electric drive, electric power system, komunikasi, system kontrol, microelectric serta instrumentasi dan biomedical. "Sambutan kalangan pendidikan cukup bagus. Buktinya mereka yang menyerahkan makalah tidak hanya dari ITS saja melainkan juga dari univeristas lainnya," jelasnya.(rom/har)

Berita Terkait