ITS News

Minggu, 27 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

Demo ,Tak Menunda Pembukaan Pameran

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Memperingati tragedi 12 Mei lima tahun yang lalu. Mahasiswa yang tergabung dalam Kaukus Putih, sebuah Lembaga Swadaya Mahasiswa ITS, menggelar demo. Mereka melakukan orasi dan teaterikal.

Aksi ini sendiri pada saat bersama, tidak membuat tertundanya pembukaan Pameran Elektronik yang dihadiri oleh Menristek, Hatta Rajasa. Meski tempat berlangsungnya demo dan acara pembukaan ini cukup berdekatan.

"Aksi kami ini, sebagai bentuk keprihatinan terhadap carut marutnya pemerintahan sekarang. Selain itu, momen ini kami manfaatkan juga untuk mendeklarasikan LSM Kaukus Putih sebagai oposisi pemerintah dalam bentuk moral force," terang Arif Fakhrudin, salah seorang penggagas LSM ini

Dalam unjuk rasa ini, mereka membacakan 6 pernyataan sikap, diantaranya agar tragedi Trisaksi segera diselesaikan, membersihkan para oknum yang bertanggung jawab atas naiknya harga dan tarif, mewaspadai adanya orde baru, menolak peraturan yang represif, dan akan menggadakan pemogokkan besar-besaran jika pemerintah tidak peduli terhadap rakyat

Unjuk rasa yang diikuti sekitar 25 mahasiswa ini, juga memasang kain hitam dipuncak tugu, yang terletak dibundaran ITS. "Ini sebagai simbol kalau kami berduka cita atas matinya demokrasi di Indonesia. Karena selama lima tahun, pemerintahan belum menunjukkan kinerjanya,"ujar mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2000.

Sekitar pukul 11 siang, mahasiswa yang berdemo telah bubar. Mereka tidak sempat melakukan aksi didepan Menristek. Sehingga kehadiran menteri di Kampus ITS sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.(rom)

Berita Terkait