ITS News

Jumat, 01 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Dari Motor Ber-AC hingga Heli Rescue

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rabu, 28 Apr 2004,
Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS 2004
SURABAYA –Acara yang digelar di Graha ITS, 26-30 April ini, Senin malam lalu dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor III ITS Drs Achmad Jazidie MEng.

Acara tahunan ITS ini diikuti semua jurusan di institut teknologi ternama itu, termasuk semua politekniknya. "Selain pameran, kami juga menggelar seminar, pemaparan karya ilmiah, dan sebagainya," ujar Mahardika, ketua panitia PIMITS 2004, kemarin.

Animo mahasiswa terhadap PIMITS cukup besar. Ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang memadati Graha ITS. Salah satu karya yang banyak menarik perhatian pengunjung adalah sepeda motor yang dilengkapi Air Conditioner (AC). Karya ini dipajang di stan Politeknik Perkapalan Negeri ITS (PPNS) ITS.

AC sepeda motor ini merupakan karya mahasiswa angkatan 2001, yakni Ahmad Yani, Vian Dolorosa, dan Fifi Anggraini. Sepeda motor Yamaha tahun 75 yang dijadikan alat eksperimen diberi kompresor, tabung resevoir dan tabung freon. Alat tersebut disambung selang udara yang nantinya dilekatkan di dalam jaket si pengendara.

"Kalau mesinnya dihidupkan, selang udara akan meniupkan hawa dingin ke dalam jaket pengendara. Jadi tidak usah gelisah dengan udara Surabaya yang panas," kata Ahmad Effendi, penjaga stan.

Hanya saja, beban sepeda motor ber-AC ini akan semakin berat, saat AC hidup. Bahan bakarnya juga jadi boros. "Bensinnya dua kali lebih banyak," katanya.

Di stan jurusan Disain Produk (Dispro) juga tidak kalah heboh. Di stan ini dipajang disain helikopter rescue yang cantik. Ini merupakan tugas akhir mahasiswa semester 4 jurusan tersebut. Replika heli ini berukuran mini, seperti mainan, dan dibuat dari fiber glass. "Disain ini dibuat ramping, karena heli rescue harus lincah dan bisa mendarat di mana pun," kata Angga Dharma, mahasiswa Dispro ITS. (tom)

Berita Terkait