ITS News

Senin, 15 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Daniel tantang ITSRadio

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seminar who wants to be a professional broadcaster merupakan hasil kerjasama antara ITSRadio dengan Suara Surabaya, Colors FM dan Hard Rock FM. Kegiatan ini merupakan awal rangkaian dari Broadcaster Supertraining 2005. Acara yang dihelat di rektorat lt.3 ini mampu menghadirkan lebih dari 60 peserta termasuk dari radio kampus lain. Selama 8 jam pula mereka dibekali materi seputar media dan penyiaran.

Salah satu pembicara, Ir Daniel M Rosyid Phd MRINA, memberikan wawasan mengenai arti dan peran media sebagai komponen penting dari masyarakat selaku penggagas informasi. "Tapi sebenarnya, media itu artinya medium yang menjembatani komunikasi antar kelompok," ungkapnya.

Lebih lanjut, Daniel menjelaskan, peran media nantinya harus mempengaruhi cara berpikir kritis masyarakat agar terbuka dan maju. Selain itu, media wadah meningkatkan sektor kreatif. Fungsi lain media, tambah Daniel, memberikan pilihan lengkap kepada masyarakat agar mereka dapat memilih dengan mengkaitkannya secara rasional, emosional dan moral.

Untuk sektor kretif, dosen Teknik Kelautan ini menjelaskannya lebih lanjut, merupakan perluasan dari bidang jasa. " Kreatif itu eksistensi dari sektor jasa," jelas Daniel. Dia kemudian memberikan contoh kasus. India menonjol kekreatifannya. Ini dibuktikan dengan sangat majunya industri perfilm-an termasuk IT.

"Syah Rukh Khan saja dianggap nabi, padahal ia seorang muslim," tandasnya lagi. Maksud pernyataan ini, bintang film India itu lebih berpengaruh bila dibandingkan dengan Perdana Menteri. Hal itu tidak lain karena aktor tersebut mampu mengolah sektor kreatif di bidang perfilman.

Dikaitkan dengan kondisi di ITS, Daniel sebagai Pembina ITSRadio menantang kekreatifannya. "Kalian buat program yang bagus dan beda dari radio yang lain," katanya. Daniel mencontohkan sebuah program tentang kehidupan orang miskin, atau lainnya. Ia tidak ingin hanya ‘eksperimen engineering’, tetapi ada ‘Business Plan’. Sebab, jika masalah teknik saja sudah banyak yang tahu, tandasnya.

Selain itu, DAniel tidak menginginkan kegiatan ITSRadio nantinya hanya on-off. Artinya, kadang mengudara kadang tidak. "Meskipun lima jam, tapi konsisten tiap hari, itu sudah bagus," himbaunya. Kalau produknya menarik, Daniel siap untuk mencarikan sponsor. Jika jelas konsepnya saya mau jual, tegasnya lagi. (th@/sep)

Berita Terkait