ITS News

Jumat, 01 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Catatan Akhir Tahun 2001

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Sebuah mimpi yang jadi kenyataan". Demikian cetus seorang kru kami pada suatu forum curah pendapat di kantor ITS Online di suatu sore. ITS Online yang ada di hadapan Anda sekarang ini adalah mimpi kami satu setengah tahun yang lalu. Saat itu, tampilan ITS Online masih sangat sederhana dan lugu. Kami juga harus antri bila ingin meng-up load berita, karena sistem yang ada belum memungkinkan untuk up load dari luar. Belum lagi kantor yang masih "nebeng" di Kantor Pembantu Rektor IV. Bila pagi hari dipakai untuk kantor IV, maka pada sore hari adalah "kantor ITS Online".

Awal berdirinya ITS Online adalah sebuah kewajiban untuk menaikkan citra ITS. ITS adalah sebuah institusi besar, namun sepi dari pemberitaan. Citra akan terbentuk bila masyarakat menerima cukup informasi tentang ITS. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang dinamis untuk memberitakan ITS pada civitas akademika ITS maupun pada "dunia luar". Akhirnya dipilihlah media internet dengan nama ITS Online.

Bulan Juni 2000, ide tersebut disambut oleh ITS Net, penyedia jasa layanan internet di ITS dengan membantu menyediakan web server untuk ITS Online. Selain itu, juga menyediakan jasa pembuatan web yang dikerjakan oleh mahasiswa Teknik Informatika yang kebetulan Kerja Praktek di ITS Net.

Adalah pekerjaan yang sangat berat untuk membentuk citra itu. Start kami dimulai dari perkenalan ke civitas akademika ITS. Kami mengirimkan surat himbauan untuk menginformasikan kegiatan yang diadakan di lingkunagnnya masing-masing. Hanya sedikit yang memberikan respon. Untuk awalan hal itu sudah kami anggap bagus. Selain itu, kami juga mengadakan pembenahan ke dalam dengan menambah personil. Kami membuka rekruitment pertama. Rekruitment kami lakukan tertutup, yakni dengan menghubungi lembaga pers kampus yang ada dan sempat ada di ITS. Dalam catatan kami, ada Dimensi-Mesin, Anjungan-FTK, Silicon-Elektro, Idjo-Teknik Lingkungan, Ultimatum-JMMI, Satu Kosong-LPM. Namun, diantara undangan yang hadir dan bersedia bergabung dengan ITS Online hanya Ultimatum-JMMI. Dengan demikian kru ITS Online yang pertama beranggotakan 10 orang, yakni: Bekti, Arief, Hendra, Alia, Agung, Anitha, Sita, Rieke, Rizka, dan Ana. Hingga bulan Desember 2001, jumlah kru ITS Online menjadi 15 orang yang sebagian besar masih mahasiswa. Kru terakhir yang bergabung adalah Iswahyudi dan Luthfi Akhmad pada bulan Oktober 2001.

Bulan Maret 2001 adalah bulan yang bersejarah bagi Kami. Pada bulan tersebut, kami mendapatkan kantor baru di Perpustakaan Pusat ITS lantai 6 plus seperangkat komputer dan server dari ITS Net. Untuk perbaikan tampilan depan kami mencari desain baru untuk ITS Online. Satu bulan kemudian kami menyetujui tawaran dari SKEMA untuk pembuatan website ITS Online. Baru pada bulan Juni 2001, website ITS Online dapat "mengudara". Walaupun begitu, masih dalam penyempurnaan di sana-sini. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan sumbangan pikiran, baik yang berupa kritik maupun saran dari berbagai pihak.

Adalah suatu kebanggaan bagi kami, bila informasi dari kami dapat diterima secara cepat oleh pengunjung. Dibutuhkan koordinasi yang bagus serta stamina yang tinggi untuk menyampaikan informasi secara cepat dan akurat. Momen yang sangat kami ingat adalah ketika kami tampil all out dalam memberitakan dies natalis ITS ke-41. Dimana dalam satu hari kami mampu menulis 6-7 berita, sehingga tampilan depan ITS Online langsung berganti dalam satu hari tersebut.

Kerja keras kami nampaknya sedikit demi sedikit menampakkan hasil. Segenap civitas akademika ITS mulai merasakan pentingnya pemberitaan dalam suatu kegiatan. Ada beberapa jurusan dan lembaga yang secara langsung melayangkan surat pemberitahuan agenda kegiatan di lingkungannya masing-masing. Tak sedikit pula yang melayangkan email kepada redaksi baik mengenai pemberitahuan kegiatan maupun yang memberikan pujian, saran, dan kritik. Bahkan dalam suatu seminar seorang pakar pendidikan nasional memberikan penilaian terbaik diantara website universitas lain. Selain itu ITS Online juga menjadi rujukan dari media-media cetak di Surabaya untuk pemberitaan seputar ITS.

Angka kunjungan perhari ke website ITS ini terus menunjukkan peningkatan setiap harinya. Terhitung sejak September 2001 hingga 31 Desember 2001 kunjungan ke website ini total berjumlah 11192 kali dengan rata-rata kunjungan per hari mencapai 200 kali. Dalam rangka memperluas jaringan dalam komunitas IT, ITS Online telah mensponsori rangkaian seminar "IT Goes to Campus" di ITS yang hingga akhir tahun ini telah memasuki bulan ketiga.

Peningkatan kualitas SDM juga menjadi perhatian utama kami. Setiap 6 bulan sekali kami menggelar on the job training (OJT), dimana hasil dari OJT ini akan memperkuat barisan ITS Online pada lini reporter. Kami telah "menyekolahkan" beberapa reporter untuk magang di Jawa Pos dan Radar Surabaya dan program ini akan kami laksanakan secara periodik dan bergilir untuk semua kru ITS Online.

Namun demikian, hal tersebut bukan berarti kami harus cepat-cepat menepuk dada. Justru kami merasa tugas dan amanah yang harus kami emban sebagai ujung tombak informasi di ITS semakin berat saja. Banyak hal yang harus segera dibenahi, baik mengenai web server maupun sistem yang mendukung website ini termasuk masalah security. Pengalaman pahit akibat web server ITS Online di-hacking menyebabkan tidak dapat beroperasi sekitar tiga minggu. Kami banyak menerima keluhan dari pengunjung mengenai lambatnya akses ke ITS Online dan permasalahan teknis lainnya.

Melalui tulisan ini, kami menghimbau kepada pihak jurusan, fakultas, atau lembaga di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, supaya mengirimkan agenda kegiatannya untuk ditampilkan di ITS Online melalui email redaksi@its.ac.id. Kegiatan yang dilakukan selanjutnya akan kami liput.

Pada kesempatan ini pula kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor ITS yang telah memberikan kesempatan untuk berapresiasi terhadap situs resmi ITS. Juga kepada segenap alumni dan civitas akademika yang telah memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi kami. (rif/li/bch)

Berita Terkait