ITS News

Kamis, 06 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

BNI Tolak SPP MABA PMDK.

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan(PMDK) sebenarnya ngetop sejak era tahun 80 an.jalur ini tergusur kepopulerannya akibat adanya UMPTN.Perlu dicermati juga kualitas mahasiswa hasil jalur ini ternyata cukup bagus dan mampu bersaing dengan mahasiswa dari jalur UMPTN.

Perlu diketahui, ITS pertama kali membuka jalur PMDK pada tahun 2000. Ternyata kualitas mahasiswanya (yang melalui PMDK) cukup bagus prestasinya."IPK mereka cukup tinggi, kok!"ujar salah seorang staff FMIPA.

Untuk tahun ini ITS menerima sebanyak 130 calon mahasiswa baru jalur PMDK.Sebanyak 45 mahasiswa untuk FTK dan selebihnya 85 mahasiswa diterima di FMIPA. Sedangkan proses pendaftaran mahasiswa PMDK telah berlangsung 6 bulan lalu. Termasuk penyeleksianya dan pengumumannya.

Dari Pantauan ITS Online hingga siang kemarin (2/7). Total maba yang telah mendaftar ulang sudah mencapai 90 persen dari jumlah keseluruhan calon mahasiswa yang diterima."Yang daftar ulang sudah 90 orang kok!",ujar Drs.Mukayat kabag BAAK .

Tahun ini, pihak yang mengurusi PMDK mulai pengumuman hingga pendaftaran adalah BAAK. Karena penerimaan mahasiswa PMDK tidak hanya dari FMIPA tetapi juga FTK. Sehingga, masih ada beberapa permasalahan yang muncul. Misalnya penolakan pembayaran SPP di BNI ITS. Sehingga membuat bingung para mahasiswa PMDK yang kebayakan berasal dari luar kota.

Namun, setelah dikonfirmasikan ke BAAK. Ternyata hanya masalah keterlambatan surat pemberitahuan ke BNI."Permasalahan itu sudah diselesaikan"ujar salah seorang staff BAAK. Meski begitu, hal tersebut membuat sebagian orang tua Mahasiswa agak sedikit kecewa." "Masak PTN sekelas ITS pelayananya seperti ini "gerutu seorang ibu dan anaknya yang berasal dari Bali.Meski begitu, secara keseluruahn pendaftaran ulang mahasiswa PMDK relatif berjalan lancar. (blh/rom)

Berita Terkait