ITS News

Sabtu, 28 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Berwirausaha Tidak Perlu Modal Besar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seminar yang dilaksanakan di BAUK lantai 2 Sabtu, (27/10) kemarin menghadirkan 3 pembicara, yakni M.Syafi'i Tamam, direktur PT.Centrama Promo Konsulindo dan staf pengajar jurusan Teknik Kelautan FTK ITS dengan makalahnya yang berjudul "Wirausaha : Mengapa dan Bagaimana ?", Soeharto, kepala program Penerapan dan Pengembangan Hasil Penelitian LPM-ITS menyajikan "Bidang Potensial Wirausaha Berbasis Intelektual Muda", dan Sulistyanto Soejoso, Direktur lembaga bimbingan Phi-Beta dengan makalah yang berjudul "Kewirausahaan : Tantangan dan Peluang". Acara tersebut diselenggarakan oleh Workshop Enerpreneurship & Technology (WE&T).

"Acara ini sengaja kami adakan karena kami merasa prihatih terhadap mahasiswa kita, khususnya ITS yang sangat minim kesadarannya dalam berwiraswasta," kata Tikno, ketua panitia sekaligus Directur executive WE&T. "Hal ini terlihat dengan membludaknya acara career exhibition dan sepinya LPM. Dari sini dapat diketahui bahwa mahasiswa kita memang cenderung untuk menjadi seorang pekerja, bukannya berwirausaha. Karena itulah kami mencoba memberikan suatu pencerahan tentang kewirausahaan kepada intelektual muda kita, khususnya ITS," jelas Tikno. "Dari pelatihan yang diadakan ini, diharapkan peserta dan panitia dapat membentuk suatu jaringan yang kuat di bidang kewirausahaan" tambahnya lagi.

Pelatihan yang dihadiri oleh 89 peserta tersebut berlangsung dengan cukup antusias. Karena dari peserta yang hadir, banyak yang menunjukkan motivasinya untuk berwirausaha, apalagi pada waktu pembicaranya Sulistyanto Soejoso. Dengan gaya yang khas ditambah dengan guyonan yang menyegarkan, suasana seminar menjadi lebih semarak walaupun hari sudah menjelang sore. Tak heran jika seusai acara berakhir, banyak peserta yang menyerbunya.(yud/rif)

Berita Terkait