ITS News

Jumat, 12 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Bertahan di Kopma, Ciptakan Perubahan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Adi Sugi, begitulah pemilik nama Adi Sugi Hartono akrab disapa. Peranannya selama menjabat sebagai direktur Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) Koperasi Mahasiswa "Dr. Angka" patut diacungi jempol. Selama periodenya tidak sedikit kader Kopma yang berhasil dibina. Awal ketertarikannya untuk bergabung dengan Kopma "Dr. Angka" justru setelah dia merasakan pengalaman dibidang wirausaha BEM FTI, karena memang sebelumnya tidak pernah aktif dan dibidang koperasi.

"Semasa SMP dan SMA aku cuma jadi anggota pasif koperasi siswa. Jadi, nggak pernah belajar apalagi punya pengalaman perkoperasian," tutur pria kelahiran Jombang, 15 Juni 1982. Dan kini, dengan modal pengalaman baik dari BEM FTI maupun dari Kopma "Dr. Angka" Adi mampu menempati jabatan Direktur Umum Kopma "Dr. Angka".

Sesuai motto hidupnya ‘Bergerak, ciptakan perubahan yang nyata’, selama kepemimpinannya nanti Adi ingin merubah struktural Koperasi Mahasiswa ITS. "Selama ini Kopma hanya dikenal dengan kegiatan jualannya saja. Padahal di Kopma ada banyak kegiatan yang tidak hanya berurusan dengan jualan," ujar sulung dari tiga bersaudara ini.

Untuk itu, alumni SMAN 2 Jombang ini berencana untuk melakukan pencitraan Kopma khususnya kepada intern mahasiswa ITS dan membentuk sumber daya anggota yang berkreatifitas. "Di Kopma itu juga ada Lembaga Swadaya Anggota (LSA) yang mewadahi bakat dan minat anggota," kata Adi. Selain itu, Adi juga melakukan beberapa perubahan dalam struktur kepengurusan Kopma "Dr. Angka" dengan menambahkan bidang Humas dan mengganti bidang Pengembangan Usaha menjadi bidang Bisnis.

"Bidang Pengembangan Usaha tidak akan dihilangkan, melainkan dirubah menjadi divisi Pengembangan Usaha. Disamping itu, jumlah Lembaga Swadaya Anggota (LSA) yang ada akan dipadatkan, sehingga ada beberapa LSA yang harus dimerger," papar pria penyuka warna biru ini. Mahasiswa Teknik Elektro ‘00 ini menambahkan, saat ini Kopma juga sedang berusaha untuk mewujudkan terbentuknya Ikatan Alumni Kopma "Dr. Angka" ITS untuk memperluas jaringan Kopma.

Lebih jauh, Adi juga memiliki impian dan cita-cita baik yang ada hubungannya dengan Kopma maupun dengan disiplin ilmu yang dia tekuni saat ini. "Kalau tentang Kopma, aku sempat punya impian jadi menteri Koperasi. Tapi , cita-citaku sampai saat ini adalah bisa menerapkan ilmu yang aku pelajari saat ini di bidang elektro dan nantinya aku ingin bisa kerja di Lembaga Penelitian di Bandung," terang Adi, yang saat ini juga menjabat sebagai wakil koordinator wilayah enam Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia.(sept/Lin)

Berita Terkait