ITS News

Senin, 05 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

Be Inspired, bagi developer

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Be Inspired". Itulah yang ingin diwujudkan oleh Siemens, dalam program Siemens Wireless JavaTM Challenge. Program yang menantang kemampuan para developer dalam pembuatan aplikasi content. Baik itu aplikasi bisnis maupun game atau hiburan. Tentunya, dengan bahasa pemrograman J2ME (Java 2 Micro Edition).

Menurut Indra Gunawan, Produk Manajemen PT. Dian Graha Elektrika, bahasa pemrograman J2ME merupakan langkah menuju teknologi masa depan. Karena kemampuannya dalam pembuatan suatu aplikasi yang multi platform, dapat diimplementasikan pada berbagai ponsel. "Saat ini, produk Siemens yang mendukung aplikasi ini, SL45i dan M50" jelasnya dalam seminar sehari "Wireless JavaTM Techology", kemarin (26/9).

Keuntungan dengan teknologi ini tidak hanya menjadi milik dari para operator, dan penyedia terminal saja. Namun bagi para pengembang aplikasi content juga. Untuk itulah, program ini memberikan kesempatan kepada masyarakat umum, khususnya mahasiswa dan pelajar, untuk berkreasi dalam membuat aplikasi content. "Untuk itu dalam perlombaan ini kami bagi menjadi dua kelompok mahasiswa atau pelajar dan umum." jelasnya.

Disamping itu, disediakan juga grand prizes berupa dua buah SUN Blade 100, sejenis server yang harganya kira-kira 1000 dolar untuk aplikasi yang paling menarik. Juara pertama dalam kategori bisnis akan mendapatkan hadiah berupa uang sebesar 4 juta dan ponsel siemens M50 ditambah dengan kartu IM3 serta voucher training dari SUN Microsystem. Begitu juga untuk juara pertama untuk kategori game dan hiburan tetapi hadiah uangnya sebesar 3 juta. "Aplikasi yang terpilih akan kami kumpulkan dengan aplikasi-aplikasi lainnya secara global. Tetapi hak patennya tetap milik pemenang," ujar pria berkaca mata ini.

Lantas, apa yang menjadi penilaiannya? kualitas dan kegunanan dari aplikasi, konsep yang unik dan menarik, user interface yang mudah digunakan, stabilitas aplikasi, relevansi aplikasi. "Aplikasi ini akan dievaluasi para juri yang berasal dari berbagai latar belakang, media industri, perguruan tinggi termasuk ITS dan profesional," Ungkapnya.

Ayo, siapa yang pengin ikutan.(rom/bch)

Berita Terkait