ITS News

Rabu, 30 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

Banyaklah Berprilaku Statistik

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Apa jadinya jika dosen-dosen Statistik se-Indonesia dan orang-orang dari dunia usaha berada dalam satu forum? Hal itu terjawab dalam Seminar Nasional Statistika V, Sabtu, 20 Oktober di perpustakaan pusat-ITS. Seminar yang dihadiri 194 orang dari 164 orang yang direncanakan tersebut bertema "Pengembangan Teori dan Aplikasi Statistika dalam Menjawab Tantangan Milenium III". Tema ini diambil karena keprihatinan masyarakat statistik terhadap permasalahan yang seharusnya membutuhkan penanganan statistik tapi belum terlayani. Padahal banyak sekali permasalahan yang bisa diselesaikan dengan statistika.

Sebagai contoh, persoalan sampah di Surabaya yang sekarang menjadi masalah besar karena penolakan oleh masyarakat Keputih telah menjadi bahasan Nasional. Mungkin saja kejadian seperti ini akan terjadi di kota besar di Indonesia yang lain jika tidak segera diformulasikan cara antisipasi dan penangannya yang tepat. Barangkali persoalan ini dapat difomulasikan menjadi persoalan statistic terutama dalam hal estimasi jumlah dan jenis sampah yang ada, perubahan volume yang disebabkan oleh pertumbuhan penduduk dan perilaku masyarakat. Semua hal tersebut merupakan lahan garapan ststistik yang belum tersentuh.

Mengingat akan hal tersebut maka segenap dosen statistic ITS yang diketuai oleh Dr. I Nyoman Budiantara Y, MS mengadakan seminar tersebut dengan maksud untuk mempromosikan hasil-hasil penelitian maupun ide-ide baru di bidang statistika teori maupun aplikasi ststistika. Selain itu sebagai wahana tukar menukar informasi antar statiskawan pada umumnya dan peserta pada khususnya diharapkan dapat tercapai.

Seminar ini dilaksanakan dalam bentuk pleno dan paralel. Pada sidang pleno dibahas 5 makalah utama, yakni Prof. Dr. Subanar (UGM)- "Analisa Runtun Waktu dari Parametrik sampai Semi Parametrik", Dr. H. kontoro, MPH. BPH (Unair)- "Perkembangan Teori dan Aplikasi Statistik dalam Menjawab Tantangan Milenium III", Drs. Nur Iriawan, M.Ikom, PhD. (ITS) -"Analisa Statistika Berdasar pada Data Driver : Suatu Over View", Dr. I Nyoman Budiantara Y, MS (ITS) dengan makalahnya "Estimasi Parametrik dan Non Parametrik untuk Pendekatan Kurva Regresi", dan Drs. Kresnayana Yahya, MSc (ITS) dengan makalahnya yang berjudul "Statistika sebagai Landasan Berfikir Pemodelan ketidakpastian". Selanjutnya sidang parallel dibagi menjadi 8 kelas dan membahas 105 makalah yang dibagi dalam 4 bidang, yaitu bidang statistika teori, statistika terapan, statistika komputasi dan bidang pendidikan. Dari peserta yang hadir, 105 adalah pemakalah dan lainnya adalah peserta yang berasal dari Aceh, Palembang, Jakarta, Bogor, Tegal, Yogyakarta, Semarang, Solo, Malang, Jember, Ambon, Jayapura, Banjarmasin dan Surabaya.

Rektor ITS, Prof.Ir. Soegino berharap seminar ini dapat memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat supaya lebih banyak berperilaku "statistik" dan juga dapat menggugah masyarakat Indonesia pada umumnya agar lebih banyak berfikir matematik.(yud/sal)

Berita Terkait