ITS News

Rabu, 05 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

Banjir Lagi, ITS Tenggelam

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk kesekian kalinya ITS dilanda banjir. Hampir diseluruh kampus digenangi air.Ini terlihat dari aliran sungai yang deras meluber ke jalanan . Sehingga disekitar kantin, di jurusan statistik, di jalanan didepan ruangan kuliah kampus teknik fisika, parkiran BAAK dan kawasan ITS lainnya tergenangi air sampai 30 Cm.

Pada awalnya, pada hari selasa (29/1) sekitar jam 3 sore awan gelap telah menyelimuti seluruh kota Surabaya dan tak terkecuali kampus ITS. Tak berapa lama kemudian turunlah hujan gerimis. Tetapi, lama-lama hujan menjadi deras. Kemudian gerimis kembali. Hal itu berlangsung terus sampai pukul 5 pagi harinya.

Kondisi demikian membuat sebagian mahasiswa resah. Mereka harus melewati bajir meski harus menggulung kaki celana. Seperti yang dialami salah seorang mahasiswa yang akan membayar SPP ini. "Kalau tahu begini mendingan saya membayarnya besok," gerutu Arfan dengan kesalnya.

Keresahan itu ternyata juga dialami oleh petani yang menanam sayuran disekitar sungai. Mereka mengeluh, pasalnya sayuran yang mereka tanam layu semua. Ini akibat terkena genangan air sungai yang meluap. "Padahal sayuran ini mau saya jual", katanya

Tetapi tak seluruh masyarakat disekitar kampus merasa dirugikan oleh banjir ini. Hal itu bisa dilihat dari aktivitas para warga sekitar khususnya tukang becak. Mereka menfaatkan kesempatan ini untuk mengail atau menjaring ikan yang keluar tambak. Tampak mereka berjajar di tepian sungai yang berada di depan perumdos.

Sedangkan pada saat berita ini ditulis genangan air sudah surut dibeberapa tempat. Namun disekitar jurusan Teknik Fisika masih ada genangan air.

Dan apakah kondisi seperti ini akan terus berlanjut ? Dan apa yang salah dengan drainase di ITS saat ini ?(rom/rif)

Berita Terkait