ITS News

Minggu, 29 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Bangun Budaya Maju, Teknik Industri Gelar lomba 5R

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Banyak cara dilakukan pihak jurusan untuk meningkatkan atmosfir akademiknya. Terakhir, Teknik Industri ITS menerapkan lomba 5R untuk memacu produktivitas mereka. 5R yang terdiri dari Ringkas, Resik, Rapi, Rawat dan Rajin diharapkan mampu memacu semangat belajar seluruh lingkungan jurusan.

"Kami membuat lomba ini supaya mahasiswa tambah giat belajar, dan lingkungan kampus tambah bersih, " kata Iwan Vanany, M.T, ketua pelaksana lomba 5R.

Menurutnya, sudah saatnya otonomi pendidikan diterapkan di lingkungan kampus ITS. Setiap jurusan memiliki tanggung jawab untuk memelihara fasilitas yang dimiliki. Fasilitas ini antara lain gedung, jaringan telekomunikasi, dan instalasi listrik. "Kami sangat peduli akan hal itu, " tambah lulusan ITS ini.

5R di Teknik Industri dilombakan untuk seluruh laboratorium, studio, ruang himpunan, dan ruang baca,dimana mahasiswa menjadi pengelolanya. "Bisa dikatakan mahasiswa juga kami tuntut untuk memelihara fasilitas tadi, " tutur Iwan Vanany.

Lomba 5R tidak hanya menekankan para kebersihan saja, tetapi juga memperhatikan keringkasan dan kerapian dari fasilitas. Mahasiswa, dosen dan karyawan yang menggunakan fasilitas juga perlu memiliki rasa ingin merawat dan secara kontinyu rajin mengelola fasilitasnya

"Lomba ini tentu saja ada hadiahnya. Sekitar Rp. 2 juta kami alokasikan untuk kegiatan ini, " tambah Iwan Vanany. Iwan meminta peserta tidak melihat dari jumlah hadiahnya, namun lebih pada upaya membangun budaya yang lebih baik.

ITS sendiri merupakan salah satu kampus dengan fasilitas yang memadai. Namun kemampuan merawat fasilitas tersebut masih sangat kurang, sama seperti kampus lainnya di Indonesia. Bisa dilihat, ITS memiliki tiga teater perkuliahan namun semua dalam kondisi memprihatinkan. Itu belum termasuk fasilitas lainnya, seperti lift perpustakaan, alat-alat praktikum, gedung olahraga, dan asrama.(ryoLin)

Berita Terkait