ITS News

Sabtu, 25 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

BAKTI KAMPUS……….???

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

oleh Asrul Sigit, Ketua OC BK 2002, Mahasiswa Teknik Geodesi '99

Secara harfiah Bakti Kampus merupakan suatu kegiatan (Bakti) yang ditujukan untuk kampus. Bakti berarti melakukan sesuatu yang "Berguna", "Berarti", "Berorientasi" (pada suatu misi). Kampus sudah jelas sekali adalah Kampus tercinta, Kampus perjuangan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Jika kini menilik history (sejarah) dari Bakti kampus (selanjutnya disebut BK) maka kita tahu awalnya BK merupakan saat bersih – bersih lingkungan kampus dan sekitarnya (seperti bakti lingkungan beberapa waktu yang lalu, oktober 2001 red). Kemudian BK berkembang menjadi suatu rutinitas di ITS dengan muatan yang lebih (mengatas namakan keintegralistikan ITS dan mengarah ke pengkaderan massal ITS).

Pada saat menjadi peserta Bakti Kampus, saya mengartikan sebagai suatu atau sebuah rangkaian pengkaderan di Lingkungan ITS (atau semacam OSPEK yang diselenggarakan oleh organisasi kemahasiswaan ITS) pada kali pertama, kemudian setelah saya mengikutinya selama 3 hari saya memahami sebuah pendobrakan paradigma dimana ternyata ITS merupakan sebuah institusi yang integral.

Terdapat jurusan – jurusan yang mempunyai pengkaderan massal terbatas — yang menanamkan arogansi yang kental untuk mahasiswa barunya — mampu menyatu di bakti kampus ITS.

Setahun kemudian saya menjadi bagian dari Panitia Bakti Kampus. Saya mempunyai pemahaman baru bahwa BK merupakan sebuah kegiatan besar organisasi mahasiswa ITS yang menekankan pada keintegralistik ITS.

Kemudian rutinitas dari Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM – ITS) untuk menyaring Sumber Daya Manusia di ITS melalui sebuah proses pengkaderan massal , bisa dibilang BK hanya merupakan alat untuk proses regenerasi dan suksesi dari sebuah Organisasi kemahasiswaan ITS (karena untuk bisa berkarier organisasi ditingkatan institut harus mempunyai bukti kelulusan Bakti kampus) dan dari sisi lain ada beberapa kepentingan "Politik Organisasi"…..?.

Dari Bakti Kampus kali ini, diharapkan bisa kembali ke "Ruhnya" sebuah bakti Kampus di Kampus Perjuangan ITS. (tin/rif)

Berita Terkait

ITS Media Center > Opini > BAKTI KAMPUS……….???