ITS News

Kamis, 30 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Back To Nature , Pengkaderan Biologi ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Materi yang menjurus ke nature (alam) ini juga salah satu upaya sosialisasi dan mempraktekkan mata kuliah biokonservasi menjaga dan memperkenalkan keanekeragaman hayati- yang ada di ITS.

Sutiti, salah seorang Steering Committee (SC) menjelaskan adanya program ini, "Yang jelas tujuan pertama kami adalah mensosialisasikan berbagai keanekaragaman hayati di ITS. Sekaligus memperkenalkan nama-nama tumbuhan yang selama ini ada tanpa kita tahu apa namanya," jawabnya. "Bisa jadi sekedar angin lalu saja kita melewati tumbuhan tersebut," lanjut Iis, panggilan akrabnya kepada ITS Online (12/10).

"Sebenarnya ini juga salah satu program himpunan," tambah Sutiti. Materi penanaman dan pemberian nama ini selanjutnya dimasukan sebagai salah satu bagian dari rangkaian PLASMA (Pelatihan Sycho Motorik Awal) 2001. Nama pengkaderan mahasiswa baru yang ada di Program Studi Biologi ITS, yang mendidik mahasiswa baru dalam bentuk semi akadenis atau perkuliahan.

Acara penanaman dan pemberian nama yang dimulai dari pukul 16.00 WIB ini berakhir pukul 17.15 WIB. Dimulai dengan briefing dan penjelasan oleh Ketua Steering Committee. Dilanjutkan dengan pembagian kelompok dan nama anggota kelompok. Pemberian papan nama yang sudah bertuliskan nama ilmiah (latin) dan nama lokal (daerah).

Ditanya persiapan acara yang jelas juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. "Persiapan sudah kami lakukan satu bulan sebelumnya. Baik penjabaran ide sampai dengan teknis pelaksanaan," jelas Sutiti. "Dari pihak jurusan malah mendukung dan memberikan bantuan dana selain kas himpunan," tambahnya.

Bagaimana dengan penentuan lokasi ?. "Jika ditanya masalah lokasi. Sebenarnya kami menginginkan pemberian nama dan penanaman tanaman baru di seluruh ITS. Dan lebih mengarah sekitar kampus pusat. Tapi, kami terbentur masalah birokrasi. Daripada semakin lama yang cukup daerah sini saja," jelas Sutiti lebih lanjut sambil menujukkan lokasi tersebut yaitu sekitar kampus Biologi, lapangan upacara depan perpustakaan dan lapangan depan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK).

Ditanya bagaimana progress report dari materi ini ?. "Yah, kami berusaha untuk meneruskan program ini sampai ke seluruh ITS. Dan menjaga serta memelihara jangan sampai ada yang mencoba iseng mengambil papan nama tersebut." (tin/bch)

Berita Terkait