ITS News

Minggu, 26 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

B-cak buat robot lagi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tim B-cak nampaknya bersungguh-sungguh untuk dapat berpartisipasi dalam IRC (Indonesia Robot Contest) 2002. Ini terlihat dari robot yang mereka buat telah selesai 50 persen lebih. Meskipun hanya tampil sebatas eksibisi atau pertunjukan semata dalam kontes robot tersebut.

Menurut, Eko Henfri Binugroho, ketua tim B-cak, robot yang akan kami buat nanti bukanlah robot B-cak yang telah menujadi juara dunia. Melainkan robot yang berbeda, khususnya dalam hal fungsi dan model,"Karena dalam IRC 2002 mempunyai tema "Reach for the top of Mt Bromo". Maka kami menyesuaikan dengan tema tersebut," jelasnya saat ditemui di politeknik Kamis (14/3).

Keunggulan robot ini, tambahnya, akan dikontrol menggunakan remote kontrol. Sehingga akan memudahkan navigator untuk menjalankannya. Sedangkan robot B-cak dulu hanya menggunakan sebuah kabel untuk mengendalikannya."Remote sebenarnya sudah saya buat sebelumnya, jadi sekarang hanya meneruskan saja,"ujarnya

Jumlah robot yang dibuat dari tim B-cak terdiri dari dua buah robot. Robot manual, yang dijalankan oleh seorang navigator. Dan robot otomatis, yang dapat bergerak sendiri sesuai dengan arah yang sudah diatur sebelumnya."Kami ingin buat lebih namun, karena waktu pelaksana sudah dekat. Maka hanya ini yang dapat kita tampilkan,"terangnya.

"Menariknya, robot ini mampu membawa sekitar 10 bola untuk yang manual dan 7 bola untuk yang otomatis"lanjutnya. Padahal dalam kontes kemarin, yang diadakan oleh Politeknik sendiri, robot ini hanya mampu membawa sekitar 5 bola saja.

Kalau dilihat dari designnya, robot ini berbentuk menjulang keatas menyerupai seperti tabung. Dan bola yang masuk didalamnya akan digerakkan secara mekanik, untuk dimasukkan dalam tabung-tabung yang telah disediakan oleh panitia.

Meski begitu, dalam IRC 2002 tim B-cak tidak akan akan tampil sendiri. Mereka akan bertemu dengan Tim dari Samarinda. Dan anggota Tim dari B-cak juga tidak akan tampil secara penuh. Karena dua anggotanya sudah bekerja di Jakarta."Kami belum tahu apakah mereka akan datang nanti dalam kontes tersebut," katanya. Tim B-cak itu sendiri antara lain Eko Henfri, Hasan Firdaus, Andik Eko Cahyono, Guntur Wibowo, dan Andri Heru. Tiga nama yang terakhir melanjutkan D-4 di Politeknik Elka ITS.(rom/rif)

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama > B-cak buat robot lagi