ITS News

Rabu, 29 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Atlantic Challenge versi Indonesia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Diilhami oleh semangat Sumpah Pemuda, rekan-rekan yang pernah bergabung dalam tim ITS Maritime Challenge kembali menunjukkan semangat kepemudaannya. Terbukti, mereka akan mengadakan event Indonesian Challenge 2003.

"Event ini (Indonesia Challenge atau Tantangan Indonesia 2003, red) merupakan versi adaptasi Indonesia dari ajang The Atlantic Challenge, yang telah kami ikuti beberapa bulan yang lalu," demikian Mangoloi mengawali pembukaan acara pelucuran ini.

"Latar belakang kami mengadakan event ini tidak lain karena upaya kami membangun Indonesia Baru yang lebih maju, mandiri dan bermartabat. Untuk itu tentunya memerlukan strategi budaya yang menyiapkan generasi muda Indonesia yang sanggup mengambil tanggung jawab masa depan, berkeyakinan diri, dan memiliki ketrampilan teknik, sosial dan lintas budaya dan disiplin yang cukup."tambahnya.

Indonesian Challenge merupakan kontes pembuatan perahu dan kepelautan (a Boatbuilding and Seamanship Contest) yang menurut rencana akan dilaksanakan 2 tahun sekali. Adapun beberapa perlombaan yang diadakan, antara lain: kontes pembuatan perahu yang mengacu pada Yole de Bantry (replika perahu Perancis, red), festival perahu tradisional Indonesia dalam parade perahu, festival layar (Sailing Festival), dan festival dayung (Rowing Festival).

"Penilaian lebih dititikberatkan pada semangat kebersamaan, kekompakan tim serta nilai sejarah dari perahu. Jadi Indonesia Challenge bukanlah ajang untuk berkompetisi."Ujarnya

Untuk peserta, lanjutnya, karena terbagi atas dua kontes besar, maka persyaratan dibedakan bagi masing-masing kontes. Yang membedakan hanyalah jumlah personil dalam satu tim dan jenis kapal yang digunakan.

Untuk Indonesian Traditional Boat Festival jumlah personil 7-10 orang dengan menggunakan perahu tradisional dari masing-masing daerah. "Sedangkan A Boatbuilding and Seamanship Contest satu tim terdiri dari 15-20 orang dengan perahu mengacu pada Yole de Bantry."katanya

"Menurut rencana, Indonesian Challenge 2003 akan dilaksanakan di Pasir Putih, Situbondo-Jawa Timur pada 17-24 Oktober tahun depan. Pendaftaran peserta akan dimulai pada bulan Nopember 2002 sampai dengan Maret 2003."Ungkapnya

Selanjutnya, untuk tim yang berhasil membuat perahu dan menguasai ketrampilan kepelautan dalam kontes Indonesian Challenge 2003 akan dikirim dalam event internasional The Atlantic Challenge di Inggris dan The European Challenge di Perancis pada bulan Juli 2004 mendatang.

Untuk informasi lebih lanjut bisa melihat agenda aktifitas. (IsY/rom)

Berita Terkait