ITS News

Senin, 06 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Atlantic Challenge I (Sejarah Atlantic Challenge)

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebuah event akbar bagi insan maritim segera akan digelar di USA pada tahun 2002 mendatang. Event ini bernama, Atlantic Challenge dan diadakan setiap dua tahun sekali di negara anggota, sejauh ini hanya negara-negara dari benua Amerika dan Eropa yang menjadi pesertanya.

Nama Atlantic Challenge diambil dari ephos sejarah Perang Raya antara Perancis dan Inggris. Saat itu tentara Perancis tidak dapat masuk ke daratan Inggris, dikarenakan dangkalnya laut perairan dalam Inggris. Akhirnya diciptakanlah sebuah kapal kayu/perahu untuk mengatasi hal itu, yang kemudian dikenal dengan sebutan "Yole de Bantry", untuk mengantar tentara Perancis menuju daratan Inggris.

Untuk mengenang Sejarah inilah, pemerintah Perancis bekerja sama dengan lembaga Atlantic Challenge mengadakan kegiatan Atlantic Challenge setiap dua tahun sekali. Tahun 1996 Atlantic Challenge diadakan di Inggris, sedangkan tahun 2000 yang lalu diadakan di perancis dan 2002 mendatang akan diadakan di kota Rockland, Maine, USA 11-17 Juli 2002.

Atlantic Challenge sendiri terdiri dari berbagai macam lomba, diantaranya; lomba dayung, lomba layar, slalom boat, lomba navigasi laut dan masih banyak lagi yang lain. Adapun penilaian ditekankan kepada pemahaman nilai kesejarahan dari Atlantic Challenge itu sendiri.

Sementara ini Atlantic Challenge merupakan event terbesar pertama dalam perlombaan maritim tingkat dunia. Dan belum ada satupun negara dari kawasan Asia Pasifik yang pernah berpartisipasi dalam event tersebut.

Dan kiranya tidak berlebihan apabila Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengirimkan Satu Tim untuk menjadi peserta dalam Atlantic Challenge tahun 2002.(yud/rif)

Berita Terkait