ITS News

Jumat, 19 April 2024
15 Maret 2005, 12:03

Asmara, Hadiah ITS Untuk Surabaya

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

RIMA (Research Institute For Mobile Aplication) ITS kembali memberikan sumbangsihnya untuk masyarakat. Kali ini, dalam rangka ulang tahun kota Surabaya yang ke 711, RIMA ITS meluncurkan ASMARA, Aspirasi Masyarakat Surabaya. Melalui program ini masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah kota lewat SMS.

"Program ini bisa disebut sebagai semacam surat pembaca online," jelas Fajar Baskoro, direktur RIMA ITS, dalam konferensi pers yang diadakan di Rektorat ITS lantai 2 siang ini. Dengan ASMARA, masyarakat Surabaya nantinya bisa memberikan tanggapan dan masukan terhadap kebijakan pemerintah Surabaya. Pemerintah kota juga bisa mengetahui pendapat warga dan memberikan balasan. Aspirasi dan tanggapannya ini akan ditampilkan lewat web agar bisa diakses oleh semua orang.

"Untuk tahap pertama kami akan mensosialisasikan ASMARA ini pada masyarakat, bila animo masyarakat tinggi kami akan menawarkannya ke pemerintah kota Surabaya," jelas dosen Teknik Informatika ini. Fajar sendiri yakin bahwa masyarakat Surabaya akan banyak mengirimkan asppirasinya. "Kota Surabaya memiliki banyak masalah, misalnya angka kejahatan yang tinggi. Selain itu karena menggunakan SMS, program ini bisa diakses oleh masyarakat luas," lanjutnya.

Fajar lalu menjelaskan manfaat yang bisa diambil oleh masyarakat dan pemerintah kota Surabaya. "Dengan memperhatikan aspirasi masyarakat, pemerintah kota bisa menentukan prioritas antara masalah-masalah yang berkembang, misalnya antara masalah sampah dan PKL. Selain itu bila ada aparat pemerintah yang melakukan pelanggaran, misalnya pergi ke klub malam, masyarakat bisa melaporkannya," terang Fajar. Selain layanan lewat SMS juga disediakan layanan lewat Internet. Masyarakat yang memiliki akses ke internet bisa menggunakannya untuk menyampaikan aspirasi.

Untuk saat ini RIMA ITS tidak menjalin kerjasama dengan penyedia layanan seluler. "Jika kita menjalin kerjasama dengan penyedia layanan seluler memang mengutungkan karena bisa mendapat nomor pendek yang mudah diingat, namun akibatnya hanya pelanggan selular tertentu saja yang bisa memanfaatkan ASMARA ini," jelas Fajar, yang juga pernah menangani "SMS Puisi untuk Presiden" ini.

Menurut Fajar, tujuan akhir dari ASMARA ini adalah menuju akuntabilitas publik, dimana masyarakat bisa memantau kebijakan pemerintah kota. Masyarakat Surabaya kini bisa mulai memanfaatkan ASMARA lewat nomor 08563374224. (rif/lin)

Berita Terkait