ITS News

Jumat, 02 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

ARMAGEDDON VERSI SASONGKO

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Memasuki jajaran kepengurusan yang baru, Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) telah memprogramkan sejumlah kegiatan selama periode kepengurusannya. Salah satunya adalah program dari Departemen Pendidikan Himatika. Setelah pekan lalu mengadakan bursa buku, masih dalam rangkaian acara tersebut hari Kamis (18/9) kemarin mereka mengadakan acara bedah buku di ruang seminar perpustakaan pusat lantai 2.

Buku yang dibedah kali ini berjudul ARMAGEDDON (Peperangan Akhir Zaman) hasil karya Ir Wisnu Sasongko,MT yang juga hadir saat itu sebagai pembicara utama. Selain itu hadir pula sebagai pembicara, DR Ir Abdullah Shahab,MSc.

Bedah buku kali ini mampu menghipnotis pengunjung perpustakaan untuk mengikutinya. Pasalnya, judul buku yang dibedah (ARMAGEDDON), yang juga pernah menjadi judul film yang cukup sukses dikalangan masyarakat, sudah tidak asing lagi ditelinga mahasiswa. Dan tentunya hal itu cukup untuk membuat mereka tertarik untuk menyimak bedah buku tersebut. Meskipun ada perbedaan antara 'ARMAGEDDON' menurut sepengetahuan mereka dengan 'ARMAGEDDON' dalam buku yang akan dibedah itu.

Menurut penulis, Armageddon yang ada daalm film itu berkisah tentang bongkahan meteor sebesar gunung yang bergerak cepat menuju bumi. Untuk mencegah jatuhnya meteor itu, maka dikirimlah pesawat angkasa luar untuk menghancurkan meteor tersebut sehingga tidak sampai ke bumi. "Sedangkan Armageddon yang dikisahkan dalam buku ini adalah sebuah peristiwa besar di akhir zaman, yaitu perang dunia terbesar di akhir zaman yang dimulai dari Magiddo, sebuah kota di Israel. Beberapa ahli tafsir bahkan menafsirkannya sebagai awal dari peristiwa hari akhir," kata Sasongko memulai paparannya.

Acara semakin menarik ketika DR Ir Abdullah Shahab,MSc menyatakan buku ARMAGEDDON tersebut merupakan hasil riset penulis. "Sebagaimana tema bedah buku hari ini 'ARMAGEDDON (Peperangan Akhir Zaman berdasarkan Al Qur'an, Injil, Taurat dan Hadits)'. Bahwa pernyataan adanya hari akhir itu tidak hanya didalam Al Qur'an saja dan dasar pembuatan buku ini juga tidak hanya diambil dari Al Qur'an tapi juga dari kitab-kitab yang lain," ungkap Dosen Teknik Mesin ini.

"Telah diterangkan dalam Al Qur'an bahwa nantinya akan datang suatu peristiwa besar yang tak seorangpun tahu waktunya yaitu hari akhir dan dihari itu semua umat manusia dibumi ini akan mencari pertolongan. Dan menjelang hari akhir itu nabi Isa datang sebagai juru penyelamat untuk menyelamatkan orang-orang beriman dan terbiasa terjaga diwaktu malam karena Nabi Isa datang diwaktu sepertiga malam terakhir menjelang waktu Shubuh," jelas Sasongko.

Sasongko juga menambahkan, pernyataan itu tidak hanya ada dalam Al Qur'an tapi juga dalam kitab Injil. "Jika di dalam Injil diterangkan dalam sebuah surat(Matius) 'Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba. Apa yang kukatakan kepadamu kukatakan kepada semua orang. Berjaga-jagalah!'," ujar Sasongko.

"Untuk itu sebagai umat muslim sepatutnya kita bersyukur karena Nabi Muhammad saw telah mengajarkan kepada kita untuk terjaga ditengah melalui Sholat Lail(sholat malam)," tutur alumni S2 Arsitektur ITS ini menutup acara.(sept/bch)

Berita Terkait