ITS News

Selasa, 31 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

AMT, Tingkatkan SDM lewat diskusi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Setelah semester lalu telah menggelar Latihan Keterampilan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD), kini giliran Achievement Motivation Training (AMT). Kegiatan yang bertujuan meningkatkan sumber daya mahasiswa ini bekerja sama dengan Center for Education and Leadership Laboratory ( CELL ) Indonesia.

Sebelum acara digelar, para peserta dibuat terkejut dengan konsep acara. Bagaimana tidak, peserta yang didaulat berpakaian rapi malah disuruh baris berbaris ala militer. Yel-yel yang lazim saat pengkaderan pun sahut-menyahut. Setelah usai, barulah peserta memasuki ruangan.

Sesi pertama, peserta diajak diskusi tentang eksistensi diri. Menurut Zainal Abidin, S.Si, trainer acara, manusia dikatakan berbeda dengan makhluk lain karena tiga faktor, yaitu jasad, jiwa dan rohani. Dikatakan pula, binatang tidak bisa meningkatkan kualitas hidupnya karena binatang telah merasa mencapai puncak peradabannya."Laba-laba contohnya, menurut penelitian, jaring laba-laba itu materi terkuat yang pernah ada di Bumi," terangnya meyakinkan.

Sementara itu, di hari kedua, panitia menghadirkan alumnus Teknik Mesin ITS sebagai pembicara. Alumnus itu bernama Ir. Sukarsono, mantan Dirut PT.Buana Bisma Indah. Beliau menceritakan pengalaman hidupnya sebagai enterpreneur, dan memulai karier mulai dari nol. Ada satu wasiat menarik dari pria berumur ini."Kalau Anda rajin kuliah, disiplin dan tepat waktu ketika kuliah maka Anda hanya pantas menjadi karyawan," tegasnya."Seorang wirausaha itu kehidupan kuliahnya berliku-liku," tambah beliau lagi.

Saat akhir sesi sebelum penutupan, peserta diajak merenung. Mirip sebuah meditasi, peserta dibawa ke alam lain yang selama ini tidak pernah terbayang. Tak ayal, beberapa peserta sempat menangis tersedu-sedu.

"Acara AMT ini sebenarnya merupakan KPP (Kegiatan Pasca Pengkaderan) bagi peserta LKMM TD IX," ujar Achmad Zamroni, panitia AMT.Ia juga menegaskan juga kalau acara ini juga telah menjadi agenda himpunan.(adi/rom)

Berita Terkait