ITS News

Kamis, 18 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Ajang adu kehebatan band jurusan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sejak pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 malam kemarin, (6/10), di depan kantin pusat civitas ITS disuguhi hiburan musik. Acara music yang bertajuk ‘It’s The music of my campus’, terasa beda, karena acara ini terselenggara murni dari, oleh dan untuk civitas ITS. Even yang merupakan salah satu rangkaian dari Dies Natalis ITS ke-44 ini tidak di selenggarakan murni oleh panitia dies pusat, melainkan diserahkan pengadaannya kepada UKM Musik.

Konsep dari even ini sendiri adalah festival band antar jurusan, yang akan mencari tiga band terbaik yang akan mendapatkan hadiah dan tampil di hadapan Rektor ITS pada tanggal 10 Oktober mendatang saat jalan sehat.

"Konsep acara ini murni dari kita (UKM Musik, red). Dan memang dari tahun ke tahun kita selalu dipercaya dan dianggap mumpuni menjalankan acara seperti ini," ujar Firdaus yang dalam acara ini bertindak sebagai ketua Panitia.

Penyelenggaraan festival ini sendiri dibagi dua tahap. Sebelumnya, ke 10 finalis yang tampil bergantian pada malam itu telah diseleksi terlebih dahulu pada ‘It’s the music of my campus I’ yang diselenggarakan di salah satu studio music di Surabaya. "Pada It’s the music of my campus yang pertama kita menyeleksi 19 peserta, dan kemudian jadi 10 band yang tampil pada malam ini (kemarin malam, red)," ungkap Mendo panggilan akrab Firdaus.

Ia juga menambahkan bahwa pada It’s the music of my campus kedua ini penilaian dewan juri kepada masing-masing peserta berbeda dari tahap pertama atau tahap seleksi.
"Jika di tahap seleksi penilaian kita hanya pada kekompakan dan skill, tapi di tahap dua ini penilaian juga dilihat dari performance mereka di panggung," tambah cowok gondrong yang juga berstatus Mahasiswa Teknk Kelautan angkatan 2001.

Selain penampilan 10 band terbaik di ITS, civitas ITS juga dihibur oleh penampilan beberapa bintang tamu pendukung antara lain : teater mangkok, SKJ, Cheers SMUN 7, dua band lokal yaitu Kyowa band dan Cream Caramel Band. Dan bintang tamu lain yang tidak kalah seru adalah grup band dosen ITS.

Keseluruhan acara benar-benar menjadi hiburan bagi seluruh civitas akademika ITS, karena dirasa penonton acaranya tidak monoton hanya menampilkan 10 band finalis. Tapi juga diselingi hadirnya bintang tamu yang cukup menghibur. Lihat saja saat penampilan bintang tamu teater mangkok, anak-anak Poltek perkapalan ini berhasil membuat tawa penonton yang kebanyakan supporter dari tiap jurusan. Bintang tamu dari dosen ITS pun tak kalah menghibur. Seperti Dr.Ing.Ir.Bambang Soemardiono misalnya, yang tampil di malam hari membawakan lagu kasih tak sampai-nya group band Padi dengan diiringi band dari UKM musik. Dengan tampilnya Group band dosen, semakin menambah kesan acara ini memang acara musiknya civitas ITS.

Peserta festival band minim, penonton tetap banyak.
Memang, diawal pendaftaran peserta sangat minim sekali, bahkan kurang dari separo target yang dipatok panitia. "Pada awalnya kita target akan ada 45 band yang mendaftar, namun hanya 19 band yang akhirnya ikut," ungkap Fauzan, ketua UKM Musik. Masih menurut Fauzan, hal tersebut tidak sepenuhnya dikarenakan kurangnya publikasi dari panitia. "Kita sudah sebar undangan ke setiap HMJ untuk ikut memeriahkan ajang ini, masing-masing jurusan bisa mendaftarkan dua band" jelas Fauzan

Meskipun begitu, even ini tetap menyedot banyak penonton. "wah, tercapai target penonton kita," seru Mendo saat ditanya mengenai jumlah penonton. Menurutnya salah satu tolok ukur keberhasilan panitia yaitu Jumlah penonton sudah tercapai, karena bisa dibilang lebih banyak dari tahun yang lalu. Bahkan semakin malam penonton semakin berani bergoyang mengikuti musik yang dimainkan.(asa/ryo)

Pemenang Festival band "it’s the music of my campus"

Juara 1. CNM dari D3 Computer Control hadiah Rp 1.000.000,00
Juara 2. Psycho Art dari Arsitektur hadiah Rp 750.000,00
Juara 3. Flowchart dari Poltek Elka hadiah Rp 500.000,00

Berita Terkait