ITS News

Rabu, 30 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

Agustin 'Tinche' Rachmawati: "Saya Terus Menggali Diri!&quot

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kurus, super sibuk, percaya diri, menarik, juga cerdas. Itulah gambaran umum yang diketahui publik ITS tentang sosok Agustin Rachmawati. Orang akan lebih heran lagi apabila mengetahui segudang kegiatan yang telah dijalaninya semasa mengenyam proses pendidikan dan yang akan dilakukannya selepas lulus dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Program Studi Biologi.

Bagaimana dan apa kiatnya dapat melakukan semua itu tanpa mengganggu proses studi? Apa yang memotifasi wanita muda ini untuk terus aktif? Berikut cerita yang dapat digali kru ITS-Online dari calon wisudawati yang diwisuda 7 September 2002.

Lahir di Surabaya, 22 tahun silam, Tinche (panggilannya,red) besar dalam didikan dan pengaruh neneknya, Djuariyah alm. Kebiasaan neneknya yang gemar bercerita sedikit demi sedikit mendorong dan memupuk Tinche kecil untuk selalu mengamati setiap kejadian di sekitarnya, ataupun kejadian yang dianggapnya menarik. "Kalau mak (panggilan Tinche pada neneknya) sedang bercerita, biasanya saya ambil alat tulis dan mencatat cerita itu," kata Tinche. Tidak heran mengamati dan menulis pun dijadikan sebagai hobi utamanya. Hobi itu terus dikembangkannya dengan mengikuti kegiatan jurnalistik semasa sekolah, dan ketika kuliah Tinche bergabung dalam tim ITS Online.

Tidak dapat dipercaya rasanya jika gadis yang super percaya diri ini sempat pula mengalami saat-saat minder. "Waktu SMP saya sempat minder dengan tinggi badan saya, teman-teman mengejek saya karena saya paling tinggi diantara mereka," jelas Tinche. Berkat motivasi diri yang cukup tinggi rasa minder itu tidak bertahan lama. "Kalau saya tetap minder, saya tidak akan bisa jadi apapun," kata Tinche. Dengan tekad tadi, maka Tinche mulai membangkitkan rasa percaya dirinya. Berbagai kegiatan mulai diikutinya, dari menari, teater, paskibra, OSIS, jurnalistik, dan kegiatan apa saja yang dianggapnya menarik dan bermanfaat. "Saya ingin membuktikan bahwa saya bisa jadi apapun yang saya inginkan," jelas Tinche dengan semangat.

Dari segudang kegiatan yang telah diikutinya tentu saja ada segudang prestasi pula yang telah diraihnya antara lain mahasiswa berprestasi utama IV ITS (Mei 2002), Juara II LKTI-ITS ( September 2002), pengguna aktif II UPT perpustakaan ITS (Februari 1999), dan pada bulan Juli 2002 kemarin Tinche dipercaya untuk menjadi duta ITS untuk pelayaran kebangsaan Indonesia II di Jambi.

Sebagai angkatan pertama lulusan Program Studi Biologi, dengan IPK 3.35, Tinche siap memasuki dunia kerja. Satu hal yang ingin ditekuninya dan dicapai pada saat bekerja adalah memajukan bidang kelautan Indonesia. "Tentu saja selain fokus di pekerjaan saya tetap akan melakukan kegiatan lain, untuk mencegah kebosanan dan menambah pengalaman," jelas Tinche. Tentang kegiatan sampingan tersebut Tinche menjelaskan bahwa dia akan tetap berkecimpung di bidang jurnalistik. "Selain itu mungkin saya akan terlibat dalam event organizer, atau kegiatan apa saja yang ada di tempat saya bekerja nanti," terang Tinche.(lin/bch)

Berita Terkait