ITS News

Sabtu, 28 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

AAL ADAKAN KERJASAMA DENGAN ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Penandatanganan piagam kerjasama dilaksanakan oleh Gubernur AAL Laksda TNI Wahyu Sudjadi dan Rektor ITS Prof ir. Sogiono di Gedung AAL Bumimoro, Surabaya, kemarin.

Acara penandatanganan yang dilanjutkan dengan saling menyerahkan piagam kerjasama tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Safen Noerdin S.IP dan pejabat teras AAL. Sedangkan dari ITS yang hadir diantaranyaPembantu Rektor II Prof Ir. I Gusti Putu Raka, Pembantu Rektor IV Ir. Daniel Rosyid, PhD, Dekan FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) Dr. Suasmoro, Dekan FTSP (Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan) Prof. Dr. Ir. Nadjadji Anwar, MSc, Direktur Politeknik Perkapalan Ir. Sugianto, Ketua Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Drs.Ec.Ir. Riyanarto Sarno,MSc,PhD, Ketua Lembaga Penelitian ITS Ir. Ontoseno Penangsang, MSc, PhD, dan Pembantu Dekan Fakultas Teknik Kelautan Murdianto.

Rektor ITS Prof.Ir. Soegiono mengatakan, penandatanganan peagam kerjasama antara AAL dan ITS yang dilaksanakan ini merupakan perpanjangan kerjasama yang sudah pernah dilakukan pada tahun sebelumnya.

Karena itu, kata rektor ITS, bahwa kegiatan ini merupakan kepercayaan yang sangat berharga yang diberikan oleh AAL. Bagi ITS, TNI AL adalah mitra yang sangat dekat dan memiliki misi yang sama yaitu mencerdaskan bangsa sekaligus sebagai perekat bangsa.

Sementara itu, Gubernur AAL Laksamana TNI Wahyuno Sudjadi mengatakan bahwa perkembangan lingkungan stategis yang diwarnai ditegakkannya hak asasi manusia, demokrasi, lingkungan hidup serta meningkatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengakibatkan spektrum penugasan TNI AL menjadi semakin rumit dan bervariasi. Tuntutan tugas ini harus diantisipasi oleh AAL dalam memberikan bekal kepada para taruna agar mereka mampu melaksanakan tugasnya setelah mereka lulus menjadi perwira.

"Dalam rangka inilah kerjasama antara ITS dengan AAL menjadi dangat penting mengingat output yang dihasilkan oleh AAL harus dapat memenuhi harapan semua pihak di negeri tercinta ini. Bahkan untuk tujuan ini, AAL terus berusaha untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dengan perguruan tinggi maupun dengan lembaga-lembaga lainnya," kata Gubernur AAL. (ca)

Berita Terkait