ITS News

Kamis, 28 Maret 2024
15 Maret 2005, 12:03

Aa’ Gym ajak ITS pelopori Gema Nusa

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kecemasan akan moral bangsa yang akhir-akhir ini semakin terpuruk, membuat KH. Abdullah Gymnastiar atau yang lebih akrab disapa Aa’ Gym, menggagas Gema Nusa (Gerakan Membangun Nurani Bangsa). Gerakan yang dideklarasikan kali pertama di Jakarta pada 10 September lalu ini bertujuan untuk mengangkat aspirasi masyarakat dalam perbaikan moral, akhlak, dan budaya, serta membangun kontrol sosial di masyarakat.

Sosialisasi gerakan tersebut terus gencar dilakukan oleh kiai kelahiran Bandung, 29 Januari 1962 ini. Setelah Bandung dan Jakarta, ia akan mengadakan deklarasi gerakan ini di Surabaya. "Naah…saya ingin jika nanti Gema Nusa dideklarasikan di Surabaya, ITS bisa jadi pelopornya," ujar pimpinan Ponpes Darut Tauhid ini bersemangat disela-sela ceramah agama di kampus ITS Rabu (29/10). Spontan, ratusan pengunjung yang memadati Masjid Manarul Ilmi ITS bertepuk tangan tanda setuju.

Diakhir acara yang bertajuk "Ramadhan bersama Aa’ Gym" ini, Rektor ITS memberi cendera mata berupa pin ITS kepada Aa’ Gym. Mendapat kehormatan seperti itu, spontan suami Ninih Muthmainnah Muhsin ini membalik badan dan memegangi bajunya. "Sebentar-sebentar, karena setiap perbuatan ada balasannya. Ya.. kayak gini. Kalau saya diberi, saya balas memberi juga," ujarnya sambil melepaskan sebuah pin yang sedari tadi menempel dibaju hijaunya.

Pin yang diberikan Aa’ Gym tersebut ternyata adalah pin Gema Nusa. Dengan mantap, ia memasangkannya di baju batik milik rektor ITS, Prof Dr Ir Mohammad Nuh,DEA. Rektor ITS pun senyum-senyum saja. Hal itu semakin meneguhkan harapan besar Aa’ Gym agar ITS mau mempelopori gerakan Gema Nusa di Surabaya.

Dalam acara bertajuk "Ramadhan bersama Aa’ Gym" yang diadakan dalam rangka dies natalis ITS dan RDK (Ramadhan di Kampus) 25 JMMI ITS, Aa’ Gym juga memberikan kritikan pada kehidupan kampus. Ayah dari tujuh anak ini mengungkapkan bahwa keberadaan dosen dan mahasiswa itu haruslah tetap menjaga keteladanannya demi kebaikan bersama.(ftr/tov)

Berita Terkait