MWA

Majelis Wali Amanat
23 Agustus 2019, 01:08

Forum Pertemuan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH)

Oleh : itsmwa | | Source : -

Belajar Melalui Forum

ITS

Sejumlah Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN-BH) akhirnya berkumpul pada tanggal 4 hingga 5 April lalu untuk membahas perkembangan PTN-BH di Indonesia. Pertemuan diadakan di Gedung Research Center, ITS. Dalam pertemuan ini, beberapa perguruan tinggi yang lebih dulu menyandang status PTN-BH akan melakukan sharing knowledge. Termasuk di antaranya adalah Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI).

Tentang RPP dan Anggaran

Terdapat beberapa hal yang menjadi catatan penting dalam pertemuan ini. Salah satunya adalah tentang Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Pengelolaan PTN-BH. Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS Prof Dr Ir M Nuh mengungkapkan, saat ini RPP memang masih belum rampung. “Kami masih mencari orang untuk mengkoordinasikan RPP. Tentunya dengan koordinasi PTN-BH yang lain,” ujarnya saat forum. Selain itu, beberapa PTN-BH mengungkapkan kerisauannya terhadap anggaran pemerintah di pertemuan ini. Namun, menurut Nuh, anggaran pendidikan tidak akan pernah turun sepanjang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak turun. “Anggaran pendidikan kan 20 persen. Jadi akan sejalan terus dengan APBN,” imbuhnya.

Forum Untuk Belajar

Nuh mengatakan, pertemuan dan forum semacam ini akan rutin diselenggarakan. Tujuannya adalah untuk sharing ilmu dan pengalaman agar pembelajaran bisa lebih cepat. “Artinya bukan untuk penyeragaman dalam beroperasi, tapi lebih ke berbagi ilmu. Karena setiap PTN-BH pasti memiliki kelebihan masing-masing,” ujarnya. (pus)

Berita Terkait