News

Supply Chain Integration: The Rhetoric and Reality

Ming, 10 Mar 2019
12:38 am
Berita Terbaru
Share :
Oleh : Admin-Manajemen Teknologi   |

Program Studi MMT-ITS kembali mengadakan kuliah tamu internasional untuk meningkatkan wawasan mahasiswa. Bertempat di Auditorium lt.4 Kampus ITS Tjokroaminoto (9/3), dosen tamu yang mengisi kuliah adalah Assoc. Prof. Dr. Raja Zuraidah Raja Mohd Rasi dari Department of Production and Operations Management, Faculty of Technology Management and Business, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Peserta kuliah tamu ini adalah mahasiswa Manajemen Industri dari kelas Manajemen Rantai Pasok, yang dimoderatori oleh Prof. Iwan Vanany.

Kuliah ini bertajuk “Supply Chain Integration: The Rhetoric and Reality”. Supply chain integration merupakan asosiasi pelanggan dan pemasok. Dengan menggunakan teknik manajemen, mereka bekerja bersama untuk mengoptimalkan kinerjanya dalam penciptaan, distribusi, dan dukungan produk akhir. Selain itu, supply chain integration juga mengubah jaringan mitra dan operasi yang kompleks dan beragam menjadi “functioning ecosystem“. Zuraidah memberikan contoh seperti pada suatu jaringan rantai pasok yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan pasar, tetapi juga harus meminimalisasi biaya. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan supply chain integration.

Ada empat tujuan utama dari supply chain integration, yaitu meningkatkan waktu respon, meningkatkan waktu produksi, mengurangi biaya, dan mengurangi waste. Sementara itu, menurut Zuraidah ada 2 macam integrasi tersebut, yaitu integrasi horizontal dan integrasi vertikal. Zuraidah juga menjelaskan mengenai cara merumuskan strategi rantai pasok, lalu mengintegrasikannya.

Push, Pull, serta Push and pull strategies juga dikupas secara komprehensif, mulai dari paradigma rantai pasok yang lama dan baru, karakteristik, hingga implementasinya di perusahaan penerbangan, farmasi, kimia, hingga toko buku. (gwb)

 

Latest News

  • Pendaftaran SIMT-ITS Gelombang 2 Periode Gasal 2022/2023 telah dibuka sampai 17 Juli 2022

    Waktu Pendaftaran Gelombang II Pendaftaran 4 April – 17 Juli 2022 Ujian Masuk 18 – 29 Juli 2022 Pengumuman

    21 Feb 2022
  • Pendaftaran Program Pascasarjana di SIMT ITS Berakhir sampai 17 Juli 2022

    Waktu Pendaftaran Gelombang II Pendaftaran 4 April – 17 Juli 2022 Ujian Masuk 18 – 29 Juli 2022 Pengumuman

    22 Des 2021
  • Peluncuran Program Studi Baru Manajemen Inovasi Sistem dan Teknologi serta Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT) menjadi momentum Perayaan 25 Tahun MMT-ITS

    Hari Sabtu, 16 Oktober 2021 menjadi sejarah baru bagi ITS dengan diresmikannya Sekolah pertama di ITS. Rektor ITS Prof.

    17 Okt 2021
Informasi Pendaftaran