News

Mahasiswa MMT meraih Penghargaan dari Menteri Perhubungan

Jum, 14 Sep 2018
8:41 pm
Berita Terbaru
Share :
Oleh : Admin-Manajemen Teknologi   |

Prasetyo, mahasiswa Manajemen Bisnis Maritim, Program Studi Magister Manajemen Angkatan 2017 kelas Kerjasama PT BKI, tidak menyangka bakal meraih juara 1 dalam Transhub Challenge: Business Idea Competition 2018. Kompetisi yang diadakan oleh Departemen Perhubungan ini dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari praktisi dan pakar startup, IT, dan transportasi. Karena kemenangannya, ia berhasil mendapatkan uang tunai senilai Rp 50.000.000,-, ditambah lagi dengan benefit intangible yaitu Kesempatan mendapatkan proyek B2B dari pelaku transportasi, Kesempatan diinvestasi oleh inkubator atau perusahaan transportasi dan Kesempatan publikasi.

Berawal dari mendapat informasi dari salah satu dosen MMT, ia mengerjakan ide tersebut dekat dengan tenggat waktu pengumpulan ide karena sibuk dengan tugas kantor dan kuliah. Ia lantas menggunakan waktu libur kuliah dan kerja.

Ide yang ia usung adalah aplikasi SHARC, yaitu konsep sharing capacity untuk menekan biaya transportasi. Menurutnya, dengan kondisi geografi Indonesia serta kondisi logistik dan transportasi masyarakatnya saat ini masih belum efisien. Misalnya, saat naik pesawat, sebagian besar penumpang tidak memaksimalkan kapasitas bagasi barang bawaan karena memang tidak diperlukan, sehingga ada kapasitas bagasi pesawat yang kosong/tidak terpakai. Di lain pihak, untuk transportasi darat, hal yang sama juga terjadi. Pengendara mobil sering berkendara dengan bagasi mobilnya yang kosong atau kursi penumpang mobil yang tidak terisi penuh. Padahal kekosongan bagasi tersebut, bisa dijadikan sumber penghasilan dengan menyewakan kapasitas tersebut kepada orang yang membutuhkannya.

Ide tersebut membawanya lolos menjadi finalis 10 besar pada 10 Agustus 2018. Pada babak final, yaitu Business Pitching, akhirnya ia berhasil mengalahkan peserta lainnya. Puncak penghargaan diadakan pada 13 September 2018 dan Prasetyo mendapatkan penghargaan langsung dari Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

 

Berikut ini adalah video rencana bisnis Prasetyo yang dipresentasikan saat Business Pitching.

Latest News

  • Pendaftaran SIMT-ITS Gelombang 2 Periode Gasal 2022/2023 telah dibuka sampai 17 Juli 2022

    Waktu Pendaftaran Gelombang II Pendaftaran 4 April – 17 Juli 2022 Ujian Masuk 18 – 29 Juli 2022 Pengumuman

    21 Feb 2022
  • Pendaftaran Program Pascasarjana di SIMT ITS Berakhir sampai 17 Juli 2022

    Waktu Pendaftaran Gelombang II Pendaftaran 4 April – 17 Juli 2022 Ujian Masuk 18 – 29 Juli 2022 Pengumuman

    22 Des 2021
  • Peluncuran Program Studi Baru Manajemen Inovasi Sistem dan Teknologi serta Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT) menjadi momentum Perayaan 25 Tahun MMT-ITS

    Hari Sabtu, 16 Oktober 2021 menjadi sejarah baru bagi ITS dengan diresmikannya Sekolah pertama di ITS. Rektor ITS Prof.

    17 Okt 2021
Informasi Pendaftaran