News

ITS Meluncurkan Bidang Keahlian Baru di MMT-ITS: Supply Chain Management

Kam, 05 Jul 2018
7:42 pm
Berita Terbaru
Share :
Oleh : Admin-Manajemen Teknologi   |

ITS membuka bidang keahlian baru yang berada di bawah naungan Program Studi Magister Manajemen Teknologi ITS (MMT-ITS). Bidang Keahlian baru tersebut adalah Manajemen Rantai Pasok atau yang lebih dikenal sebagai Supply Chain Management (SCM). Pembukaan Bidang keahlian SCM ini diresmikan pada hari Kamis, 5 Juli 2018 oleh Rektor ITS Prof. Ir. Joni Hermana M.Sc.Es, Ph.D. bersamaan dengan workshop bertajuk “Emerging Technologies in Supply Chain and Their Socio-economics Impacts” di Auditorium Sinarmas, Departemen Teknik Industri ITS.

Bidang keahlian ini dibuka untuk merespon kebutuhan di dunia bisnis yang semakin meningkat.  Kepala Departemen Manajemen Teknologi, Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D, menjelaskan bahwa bidang keahlian baru ini dibuka untuk mengisi kekurangan tenaga profesional pada bidang logistik dan supply chain.

 

Prof. I Nyoman Pujawan setelah peresmian Bidang Keahlian SCM

 

Selain itu, perubahan teknologi yang terjadi dewasa ini juga merambah pada model bisnis dan konfigusasi pihak-pihak yang terlibat. Hal-hal seperti transaksi digital, penggunaan robot cerdas, aplikasi cloud, printer tiga dimensi, dan berbagai perangkat yang berbasis kecerdasan tentu menyebabkan berubahnya keahlian manusia yang dibutuhkan. “Oleh karena itu kurikulum pendidikan harus disesuaikan dengan tuntutan kerja saat ini dan masa mendatang,” terang guru besar bidang Supply Chain ITS tersebut.

Menurut Nyoman, skill sets baru sangat dibutuhkan di dunia kerja. Bidang keahlian SCM ini akan memberikan mahasiswa pengetahuan dan kemampuan untuk mengelola aliran informasi dan barang. “Model konvensional dengan perkembangan teknologi saat ini sudah tidak relevan lagi,” tambahnya.

Nyoman memaparkan bahwa Departemen Manajemen Teknologi sedang mengupayakan kerjasama, yakni program double degree dengan Chongqing University China, pertukaran mahasiswa, serta permintaan tenaga pengajar dari kampus luar negeri.

Prof. Joni Hermana saat pembukaan Bidang Keahlian SCM

 

Sementara itu, Joni dalam sambutan saat peresmian bidang keahlian ini berkata bahwa Bidang Keahlian SCM ini sangat relevan untuk menjawab tantangan logistic di Indonesia, mengingat kondisi geografis Indonesia yang menimbulkan disparitas harga. Oleh sebab itu, pembenahan sistem logistic sangat diperlukan. Joni berharap bahwa bidang keahlian SCM akan membantu Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan logistik.

“Pemahaman logistik dan supply chain ini akan sangat membantu dalam mengantisipasi disruptif teknologi yang mampu mengubah wajah ekonomi, sosial, dan finansial di Indonesia”, tambahnya. Joni berharap bahwa kurikulum yang disusun pada bidang keahlian SCM bisa lebih adaptif sesuai dengan perkembangan jaman saat ini.

Latest News

  • The 3rd International Conference on Management of Technology, Innovation, and Project 2021

    Kami dengan hormat mengundang semua peneliti, akademisi, mahasiswa, praktisi, dan pengamat untuk bergabung dalam The 3rd International Conference on

    25 Jun 2021
  • ITS Lantik Pimpinan Pertama Sekolah Pascasarjana Interdisiplin

      Setelah dilakukannya soft launching Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT), beberapa waktu lalu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melantik Dekan dan Wakil

    08 Apr 2021
  • Kuliah Perdana Departemen Manajemen Teknologi 2021: Digitisasi dengan Teknologi Artificial Intelligence/Advanced Analytics

    ITS Bidik Generasi Siap Digitisasi dengan Teknologi AI Post Views: 174

    13 Mar 2021