News

THE 6TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON FUNCTIONAL MATERIALS SCIENCE (ICFMS) 2022 in conjunction with RIKEN Symposium: Inter countries and inter institutions network conference on functional materials developments

Thu, 08 Dec 2022
3:24 pm
Uncategorized

Sorry, no posts matched your criteria.

Share :
Oleh : adminmmtn   |

International Conference on Functional Materials Science (ICFMS) merupakan seminar internasional berkala yang diadakan setiap 2 tahun sekali, bertujuan untuk mempromosikan penelitian kolaboratif dalam bidang material fungsional antara peneliti Indonesia dengan para peneliti khususnya dari institusi/universitas di Asia dan/atau Eropa. Pada tahun 2022 ini, ICFM ke-6 dilaksanakan secara luring di Bali, Indonesia, meneruskan kesuksesan lima seminar ICFMS yang telah dilaksanakan ditahun 2011, 2014, 2016, 2018 dan 2020. Setidaknya 10 universitas di Indonesia dan 5 universitas/institusi di Asia dan Eropa telah berpartisipasi disetiap ICFMS yang telah dilaksanakan. Semua artikel yang diterima di ICFMS juga telah dipublikasikan di jurnal/prosiding internasional terindeks Scopus. Sebagai contoh, pada penyelenggaran tahun sebelumnya (ICFMS ke-5 tahun 2020), 66 artikel telah diterbitkan di jurnal/prosiding Materials Science Forum (Scopus, Q4).

Seminar ini diselenggarakan atas kerjasama lima universitas terbaik di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM), dimana ketua panitia dipergilirkan diantara kelima universitas tersebut. Oleh karena itu, seminar ini juga menjadi ajang kolaborasi antar universitas peyelenggara. Ditahun 2022 ini, ITS berkesempatan menjadi tuan rumah dan panitia utama dalam pelaksanaan ICFMS ke-6. Menariknya, ditahun ini, ICFMS ke-6 dilaksanakan bersamaan dengan The 3rd RIKEN Symposium: Inter countries and inter institutions network conference on functional materials developments yang diselenggarakan oleh RIKEN Nishina Center, Jepang. Hal ini tentunya akan memperluas platform untuk bertukar gagasan dan peluang kerjasama riset dibidang material fungsional diantara peserta baik secara nasional maupun internasional.

Melalui dukungan pusat penelitian material maju dan teknologi nano (puslit MMTN) ITS, diharapkan dapat terjalin kerjasama dan kolaborasi riset yang semakin erat antara ITS dengan universitas/institusi nasional maupun internasional yang terlibat. Konferensi ini diharapkan dapat menjadi platform bertukar gagasan diantara komunitas material maju, fungsional dan teknologi nano di skala nasional dan internasional. Konferensi ini juga akan bermanfaat untuk pembaharuan informasi, berbagi pengetahuan di antara para profesional, peneliti institusi/universitas dan regulator yang bekerja dibidang material maju, fungsional dan teknologi nano. Dalam konferensi ini, perkembangan terbaru material fungsional global dan aplikasinya akan dipresentasikan oleh pembicara yang merupakan peneliti dengan bidang keahlian terkait.

Tema dari konferensi ICFMS ke-6 tahun 2022 ini adalah “Trend in Functional Materials: From Fundamental to Applications”. Informasi lebih lengkap terkait tema dan topik ICFMS dapat dilihat pada website https://fms-net.org/icfms-2022/.

Seminar internasional ICFMS ke-6 tahun 2022 dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 29-30 November 2022 di Holliday Inn Resort Bali Benoa, Nusa Dua, Bali. Panitia dari ICFMS 2022 berasal dari 5 universitas di Indonesia, yaitu ITS, UNPAD, ITB, UI dan UGM serta dari RIKEN Nishina Center, Jepang. Pembicara (keynote and invited speakers) ICFMS 2022 berjumlah 23, yang berasal dari berbagai institusi dari 4 negara, yaitu Jepang, Singapura, Malaysia dan Indonesia. Total peserta yang mengikuti seminar internasional ini adalah 87 peserta, yang bersalah dari berbagai universitas di Indonesia dan 6 negara, meliputi Indonesia, Malaysia, Jepang, Thailand, India dan Singapura. Bersama dengan pembicara dan panitia, secara total ada sekitar 110 orang yang berpartisipasi dalam ICFMS 2022. 87 peserta sebagai contributed speakers ini dibagi kedalam 2 kategori jenis presentasi, yaitu oral presentation (59 presenter) dan poster presentation (28 presenter).

Beberapa kegiatan webinar yang diselenggarakan atas kerjasama para kolaborator dengan puslit MMTN ITS:

Latest News

Sorry, no posts matched your criteria.