LPPM

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PUSAT STUDI PEMUKIMAN, LINGKUNGAN, DAN INFRASTRUKTUR

Kepala Pusat Studi :
Ir. Agus Slamet
Gedung Pusat Riset Lantai 5      
Jalan Teknik Kimia, ITS Sukolilo Campus
Surabaya, Indonesia 60111.
Email: pusat_klh@yahoo.com

Website: www.klh.its.ac.id     

Sekilas Pusat Studi

Pusat Penelitian untuk Permukiman, Lingkungan, dan Infrastruktur atau Pusat Studi Pemukiman, Lingkungan, dan Infrastruktur (PLI) adalah integrasi dari dua pusat studi yang ada di ITS, yaitu Pusat Penelitian untuk Permukiman dan Lingkungan dan Pusat Penelitian untuk Logistik dan Infrastruktur. Pusat penelitian, yang diresmikan pada tahun 2015, bekerja untuk mengembangkan penelitian, kerja sama, dan layanan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam permukiman, lingkungan, fasilitas, dan infrastruktur. Pusat Penelitian PLI adalah anggota Badan Koordinasi Pusat Studi Lingkungan di Indonesia (BKPSL) yang memiliki keanggotaan sekitar 100 pusat studi lingkungan dari seluruh Indonesia. Pada tahun 1997 dan 1998, Pusat Penelitian PLI menjabat sebagai kepala badan koordinasi. Sementara pada 2016 – 2018 Pusat Penelitian PLI ditunjuk sebagai Koordinator Komisi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat BKPSL.

Topik Penelitian

Roadmap penelitian di Pusat Studi PLI difokuskan pada tiga bidang dan satu penelitian yang sangat baik dengan dana ITS setempat. Tiga bidang penelitian adalah sebagai berikut:

1. Bidang Pemukiman

Kegiatan penelitian di bidang ini dikembangkan oleh tim dari Laboratorium Lingkungan, Departemen Arsitektur, Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan (FADP) ITS. Tema penelitian utama di bidang permukiman adalah Keberlanjutan, Keterjangkauan Perumahan, dan Pemukiman Manusia dan Harmoni dengan Alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk desain permukiman dan perumahan dengan tetap menjaga budaya dan ekosistem setempat. Topik penelitian di bidang lingkungan meliputi:

  • Permukiman dan Rumah Kampung: Tempat tinggal dan desa yang lebih baik yang telah dikembangkan saat ini. Penelitian diarahkan pada pelestarian kampung di daerah perkotaan dengan tetap mempertahankan budaya dan kearifan lokal, dan infrastruktur serta sanitasi lingkungan dikelola dengan baik.
  • Tanah dan Infrastruktur: Penelitian diarahkan pada pengaturan dan pengembangan infrastruktur di daerah perumahan.
  • Perumahan oleh Orang: Penelitian lebih fokus pada pemberdayaan masyarakat di perumahan dan permukiman.
  • Perumahan dan Pemukiman Formal: Penelitian diarahkan pada inovasi pengembangan perumahan baru yang lebih tertib dan perencanaan area real estat.
  • Sosial, Budaya, dan Lingkungan: Penelitian difokuskan pada bidang pelestarian lingkungan yang terkait dengan komunitas sosial dan budaya dalam objek penelitian.
  • Pemukiman Strategis: Penelitian dalam perencanaan terkait dengan pola distribusi populasi, urbanisasi, dan transmigrasi.
  • Keuangan dan Manajemen Perumahan: Penelitian ini berfokus pada bidang manajemen dan pola pembiayaan hunian bagi masyarakat.
  • Manajemen Bencana: Penelitian berfokus pada manajemen bencana baik untuk mitigasi bencana dan pasca bencana.

2. Bidang Lingkungan

Roadmap penelitian lingkungan diarahkan pada pengembangan Teknologi Pengendalian Polusi dan Kebijakan Lingkungan dan Sanitasi. Pengembangan teknologi polutan mencakup tiga aspek sumber polutan: kontaminan polutan; limbah cair domestik dan industri; dan limbah padat domestik, industri, dan beracun dan berbahaya. Roadmap penelitian juga melakukan penelitian di bidang pembuatan kebijakan lingkungan dan perumahan serta pengembangan teknologi dan pengaturan sanitasi lingkungan. Pada 2017-2019, studi ini berfokus pada penanganan limbah padat domestik, khususnya penanganan limbah plastik yang tidak dapat digunakan kembali. Salah satu solusi alternatif dari sampah plastik yang tidak dapat digunakan kembali adalah dengan menghancurkan melalui proses pembakaran. Proses insinerasi yang ramah lingkungan membutuhkan insinerator yang dilengkapi dengan unit kontrol gas buang. Adapun untuk mewujudkan tujuan jangka panjang ini, kegiatan penelitian perlu dilaksanakan melalui berbagai topik penelitian kecil sebagai berikut:

  • Identifikasi limbah plastik yang tidak dapat digunakan kembali dan cari nilai kalor pembakaran, dan riset teknik pembakaran sampah plastik yang tidak dapat digunakan kembali untuk menemukan perbandingan udara dan bahan untuk mencapai kondisi pembakaran sendiri.
  • Penelitian dan desain sistem kontrol emisi gas buang dari pembakaran plastik limbah yang tidak dapat digunakan kembali
  • Perencanaan dan pembuatan prototipe insinerator ramah lingkungan yang terdiri dari insinerator dan sistem kontrol emisi gas buang.

3. Bidang Infrastruktur
Kegiatan penelitian di bidang Infrastruktur lebih fokus pada bidang-bidang seperti transportasi berkelanjutan dan pengembangan bahan untuk infrastruktur.

  • Penelitian tentang transportasi berkelanjutan mengarah pada inovasi rekayasa lalu lintas dan manajemen beban jalan.
  • Penelitian tentang pengembangan bahan untuk infrastruktur difokuskan pada pemanfaatan dan daur ulang limbah padat menjadi bahan bangunan ramah lingkungan.
  • Penelitian tentang topik teknik struktural lebih dikembangkan oleh departemen teknik sipil, terutama dalam teknik struktural. Kegiatan penelitian difokuskan pada inovasi rekayasa struktur bangunan.