LPPM

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PUSAT STUDI POTENSI DAERAH DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Kepala Pusat Studi :
Dr. Ir. Setiawan, MS
Gedung Pusat Riset Lantai 7     
Jalan Teknik Kimia, Kampus ITS Sukolilo
Surabaya, Indonesia 60111.

 

Sekilas Pusat Studi

Pusat Studi Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) LPPM ITS merupakan salah satu pusat studi di bawah LPPM ITS yang memiliki kompetensi khusus di bidang pengembangan potensi daerah berbasis pemberdayaan masyarakat. PDPM berdiri sejak Tahun 2000, berawal dari kerjasama antara ITS dengan BAPPEPROV Jawa Timur terkait dengan kebutuhan studi identifikasi potensi dan permasalahan pulau-pulau kecil di Jawa Timur.
Didukung oleh tenaga ahli yang berkualitas, serta tim penunjang (asisten) yang handal,  kami mampu memberikan layanan terbaik berupa riset, pelatihan, dan pendampingan dalam berbagai aspek pembangunan. Selama sepuluh tahun terakhir, kami telah berhasil mengembangkan kerja sama dan jaringan yang cukup luas baik nasional maupun internasional melalui lembaga pemerintah dan swasta. Sejalan dengan visi misi Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan pengetahuan dan pembangunan, Pusat Studi PDPM-LPPM ITS akan terus mengembangkan diri untuk dapat menghasilkan produk dan layanan berkualitas sesuai kebutuhan masyarakat.

Topik Penelitian

1. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi PDPM LPPM ITS melakukan kegiatan Campus Social Responsibility (CSR) di wilayah ring 1 ITS (yaitu kelurahan Keputih, Gebang Putih, dan Kejawan Putih Tambak), serta Campus Goes to Kampung di ex lokalisasi Dolly.  Topik-topik penelitian dan pengabdian masyarakat antara lain :

  1. Alih citra kawasan eks lokalisasi menjadi kawasan wisata edukasi berbasis industri kreatif
  2. ITS pionir kawasan cerdas berteknologi, berwawasan bahari dan lingkungan di Kelurahan Sekitar kampus ITS
  3. Sanitasi dan Penyediaan Air Minum berbasis pemberdayaan masyarakat
  4. Corporate Social Responsibility (CSR) bagi perusahaan : pemetaan sosial, Model pendampingan CSR, seta Model monitoring dan evaluasi program
  5. Pengembangan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dan Kebutuhan IPTEIN untuk peningkatan daya saing
  6. Kemiskinan dan pengembangan potensi daerah

2. Layanan

Selain melaksanakan tugas pokok, PDPM juga melakukan kegiatan dengan melibatkan pihak ketiga (industri, swasta, pemerintah daerah, pihak internasional dan lain-lain).  PDPM melaksanakan pengumpulan, pengolahan, analisa, penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif yang bertujuan untuk memecahkan masalah, khususnya pada bidang pemberdayaan masyarakat.

3. Pelatihan

Pelatihan ditujukan untuk membantu menjadikan masyarakat mandiri. Baik di bidang lingkungan, ketrampilan, maupun peningkatan ekonomi dan sumber daya manusia. Selain pelatihan untuk masyarakat sasaran penelitian, pelatihan juga dilakukan bagi tim yang akan melaksanakan aktivitas di PDPM. Seperti pelatihan surveyor, supervisor, penulisan ilmiah, training of traniner (ToT), dan pelatihan fasilitator.

4. Pendampingan

PDPM malaksanakan pendampingan kepada masyarakat berdasarkan hasil kajian dan penelitian. Pendampingan ini sesuai dengan hasil riset dan kajian yang telah dilaksanakan PDPM.