LPPM

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Laboratorium Robotika


Kepala Laboratorium :

Hendro Nurhadi, Dipl.-Ing.,Ph.D
Robotics Center Building 1st Floor
Jalan Teknik Kimia, ITS Sukolilo Campus
Surabaya, Indonesia 60111

Pusat Robotika didirikan mulai akhir tahun 2009 dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 Desember 2010. Pusat Robotika bernaung di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) – ITS.
Automasi dan penggunaan robot di dalam industri dan bidang-bidang lain yang membutuhkannya akan semakin meningkat di masa yang akan datang. Automasi dan penggunaan robot akan sangat membantu di dalam meningkatkan efisiensi suatu proses sehingga proses tersebut akan semakin ekonomis.
Dalam hal Robotika, ITS telah mempelopori penelitian, pengembangan, dan pendidikan robot nasional. Hal ini ditandai dengan keikutsertaan ITS di dalam kontes-kontes robot nasional (KRI), regional, maupun internasional. Didasarkan oleh hal itu maka ITS mengusulkan sebuah pusat kajian robotika, mulai dari pengembangan sampai aplikasi yang diharapkan sangat membantu masyarakat.
Untuk Mendukung Kegiatan di Laboratorium Robotika, ada beberapa laboratorium didalamnya yang diantaranya adalah :

  1. Laboratorium Robot Cerdas;
  2. Laboratorium Robot Produksi;
  3. Laboratorium Sensor Industri;dan
  4. Laboratorium Kontrol Robot.

Di area Laboratorium Robotika juga terdapat Gedung Arena PUSAT TIK DAN ROBOTIKA ITS merupakan sebuah gedung yang juga mendukung kegiatan Laboratorium Robotika dan juga dapat digunakan sebagai tempat berlangsungnya acara-acara seperti :

  1. Lomba Robot;
  2. Seminar;
  3. Pelatihan;
  4. Tes Pegawai;
  5. Pelatihan ESQ;
  6. Pernikahan;
  7. Reuni;
  8. dan lainnya.

Halaman Terkait

Laboratorium Energi dan Lingkungan

Laboratorium Energi dan lingkungan merupakan salah satu laboratorium penelitian dan layanan yang dikelola secara langsung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITS.