Teknik Kimia Industri

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Mencetak Tenaga Profesional bidang Kimia Industri

Departemen Teknik Kimia Industri (DTKI) menawarkan kompetensi dibidang operasi proses industri kimia, pengawasan, keterampilan manajerial, berwawasan lingkungan, berwawasan technopreneur, serta mempunyai kesiapan untuk berkembang lebih lanjut. Saat ini Departemen Teknik Kimia Industri sedang mengembangkan program studi Diploma 4 (sarjana terapan) di bidang teknologi rekayasa kimia industri yang direncanakan untuk menerima mahasiswa baru pada tahun 2018.

Pembelajaran di Departemen Teknik Kimia Industri mengaplikasikan Kurikulum pendidikan profesional secara bertanggung jawab dengan didukung oleh dosen profesional minimal bersertifikasi dan bergelar magister. Sistemnya adalah dengan mempertemukan ilmu dan teknologi yang diaplikasikan secara harmonis untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan memenuhi kualifikasi industri.

Mahasiswa akan diberikan pendidikan selama tiga tahun dengan kurikulum berbasis kompetensi. Dalam program ini mahasiswa diberi mata kuliah yang berkaitan dengan bidang keahliannya, sedangkan untuk menambah keterampilan dan penguasaan terhadap bidangnya, diberikan sejumlah praktikum. Pada akhir perkuliahan mahasiswa diwajibkan melakukan Kerja Praktek dan menyusun Tugas Akhir.

Dan sebagian besar alumni telah bekerja di berbagai sektor industri, antara lain petrokimia, minyak dan gas, semen, makanan dan minuman, kertas, karet dan plastik, farmasi, tekstil, pembangkit listrik, industri keuangan, asisten peneliti di lembaga penelitian dan pengembangan, serta kewirausahaan.

Program Studi Diploma III

Program ini memberikan keahlian di bidang Teknik Kimia Industri dengan beban perkuliahan sebanyak 110 SKS yang ditempuh selama 3 (tiga) tahun . Konsentrasi bidang studi pada program ini meliputi Bidang Studi Operasi Teknik Kimia dan Proses Industri Kimia.

Program Studi Diploma IV

Program ini akan dibuka mulai tahun 2018.

Sebagai wujud pencapaian misi Departemen Teknik Kimia Industri untuk menyelenggarakan program pendidikan tinggi vokasi yang berkualitas, Departemen Teknik Kimia Industri memiliki program penelitian yang melibatkan tim mahasiswa dan pengajar. Penelitian Departemen Teknik Kimia Industri fokus pada pengembangan studi operasi teknik kimia dan proses industri kimia, sehingga menghasilkan inovasi dan alternatif yang aplikatif bagi permasalahan industri.

Departemen Teknik Kimia Industri telah melakukan kolaborasi dengan industri gula dalam uji coba penelitian di PG Kebun Agung, PG Trangkil, PG Kremboong, PG. Pesantren Baru, PG. Gempol Krep dan PG. Lestari. Departemen Teknik Kimia Industri akan terus mengembangkan kolaborasi dengan berbagai industri atau institusi pemerintahan, guna meningkatkan kualitas lulusan dan mengembangkan keilmuan terapan teknik kimia industri.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Kimia Industri ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Kimia Industri ITS.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image