Teknik Instrumentasi

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Menghasilkan Tenaga Ahli Instrumentasi Internasional

Departemen Teknik Instrumentasi (DTIn) adalah program pendidikan vokasi yang telah berdiri sejak 1995 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Nama Teknik Instrumentasi kemudian diubah menjadi Metrologi dan Instrumentasi pada tahun 2011 hingga 2016. Sejak tahun 2017, program studi Metrologi dan Instrumentasi secara resmi berdiri sebagai departemen Teknik Instrumentasi di bawah naungan Fakultas Vokasi ITS. Departemen Teknik Instrumentasi juga telah memperoleh akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2013.

Departemen Teknik Instrumentasi telah berkomitmen dan memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten (engineering science dan teknologi terapan) dan beretika dalam penerapan instrumentasi, secara berkesinambungan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Demi mewujudkan hal tersebut, Teknik Instrumentasi yang berorientasi pada program pendidikan vokasi memberikan metode pembelajaran yang dipusatkan pada penerapan keilmuan berdasarkan praktek. Untuk mendukung pengajaran, departemen Teknik Instrumentasi didukung oleh beberapa laboratorium diantaranya Laboratorium Instrumentasi Industri, Laboratorium Elektronika Industri, Laboratorium Otomasi Daya dan Laboratorium Uji dan Kalibrasi.

Dalam proses pengajaran, mahasiswa diberikan ilmu mengenai pemodelan yang terdiri dari demonstrasi, pengukuran dan penghitungan. Model tersebut akan digunakan untuk perencanaan, operasional dan pemeliharaan sistem instrumentasi di berbagai bidang industri. Pengajaran dan pembelajaran dibimbing oleh dosen-dosen yang memiliki kompetensi minimal bergelar magister sehingga menunjang program yang ditawarkan. Beberapa dosen Teknik Instrumentasi juga telah memiliki paten dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Selain memiliki dosen dengan kualitas yang baik, departemen Teknik Instrumentasi juga memiliki mahasiswa yang berpestasi di kancah nasional, diantaranya meraih medali perak di ajang PIMNAS XXVIII tahun 2014.

Lulusan departemen Teknik Instrumentasi memiliki kemampuan profesional dalam hal pemasangan, pengoperasian, perawatan dan melakukan kalibrasi alat ukur maupun peralatan instrumentasi serta membuat laporan dan evaluasi berbasis komputer secara mandiri maupun kelompok. Lulusan yang dihasilkan oleh Departemen Teknik Instrumentasi telah bekerja di berbagai bidang seperti perindustrian (PT. Pertamina, PT. Petrokimia Gresik, PT. Semen Gresik, PT. Perusahaan Gas Negara (PGN), PT. Pembangkit Jawa Bali (PJB) dll), kesehatan, pendidikan, maupun berwirausaha. Saat ini departemen Teknik Instrumentasi terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka menunjang strategi link and match antara pendidikan tinggi vokasi Teknik Instrumentasi dengan perkembangan dunia kerja maupun usaha.

Program Studi Diploma III – Teknologi Instrumentasi

Program diploma III Teknik Instrumentasi adalah jenjang pendidikan profesional (vokasi) yang dilaksanakan selama 6 semester. Lulusan program D-III dari departemen Teknik Instrumentasi ITS menyandang gelar akademik Ahli Madya (A.Md)

Program Studi Diploma IV – Rekayasa Teknologi Instrumentasi

Program diploma IV Teknik Instrumentasi adalah jenjang pendidikan profesional (vokasi) yang dilaksanakan selama 8 semester. Lulusan yang menyelesaikan program pendidikan vokasi pada jenjang diploma IV (D-IV) dari departemen Teknik Instrumentasi ITS memperoleh gelar akademik Sarjana Sains Terapan (S.ST).

Program penelitian di DTIn menekuni bidang industri yang bertujuan untuk meneliti, mengembangkan dan memberikan solusi / inovasi pada dunia industri. Departemen Teknik Instrumentasi ITS saat ini tengah mengembangkan riset mengenai Instrumentasi dan Kontrol Industri, Sistem Kontrol Daya Elektronik, Penguat dan Pengembangan Otamasi Tegangan dan riset Pemurnian Garam.

Kerjasama dengan berbagai industri, praktisi, ahli instrumentasi dan juga institusi pemerintahan maupun swasta akan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas lulusan DTIn.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Instrumentasi ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Instrumentasi ITS.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image