Teknik Elektro Otomasi

Mencetak Teknisi Profesional Bidang Elektro Otomasi

Departemen Teknik Elektro Otomasi (DTEO) bertujuan menciptakan tenaga ahli yang terampil dan kompetensi dalam bidang keahlian otomasi dan kontrol di industri serta memiliki kemampuan yang dinamis serta konsep berfikir yang kreatif sehingga dapat mempercepat proses alih teknologi untuk menunjang kebutuhan industri.

Departemen Teknik Elektro Otomasi Fakultas Vokasi (FV) dengan visi menjadi pusat unggulan pendidikan tinggi vokasi dan riset rekayasa skala Nasional maupun Internasional. DTEO dikembangkan untuk mempersiapkan para  lulusan terampil pada proses otomasi menggunakan komputer dan pelayanan kelistrikan di industri. Tim pengajar di DTEO memiliki kompetensi dan minimal pendidikan jenjang magister.

Departemen Teknik Elektro Otomasi memiliki Program Studi D3 Teknologi Otomasi dan Program Studi D3 Teknologi Otomasi Kerja Sama dengan Disnaker. Mahasiswa keseluruhan mencapai sekitar 400 mahasiswa di tahun 2017. Kami juga akan membuka Program Studi Sarjana Terapan (D4) Rekayasa Teknologi Otomasi, pada tahun ajaran 2018/2019.

Prospek karir lulusan Departemen Teknik Elektro Otomasi sangat menjanjikan, lulusan dapat bekerja sebagai:

  • Automation/Mechatronics Engineer : Desain, Penerapan dan Perawatan
  • Programmer
  • Manager : Proyek, Produksi dan Rekayasa Teknik

Bukan hanya di industri, dengan kualifikasi lulusan program ini anda juga akan dapat berkarir di Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, Instansi Pemerintah dan wirausaha.

Program Studi Diploma III

Program studi akan ditempuh selama tiga (3) tahun , konsentrasi yang ditawarkan adalah bidang studi komputer kontrol. Program ini akan Memberikan keahlian di bidang Komputer Kontrol dengan komposisi 60% teori dan 40% praktek yang terdiri dari 100 SKS ( Informasi lebih lanjut, silahkan lihat disini ).

Departemen Teknologi Elektro Otomasi juga menawarkan bidang studi elektro industri yang bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Propinsi Jawa Timur. Program ini juga Memberikan keahlian di bidang Pelayanan Kelistrikan Industri dengan komposisi 40% teori dan 60% praktek. Pada program ini mahasiswa akan mendapatkan keuntungan berupa Ijazah dari ITS dan Sertifikat Kelulusan dari Depnaker ,Dapat menggunakan fasilitas Laboratorium di BLK-Depnaker, Berpeluang mendapat beasiswa untuk studi di Jepang ( Informasi lebih lanjut, silahkan lihat disini ).

Program Studi Diploma IV

Program ini akan dibuka pada tahun 2018.

Program penelitian di Departemen ini fokus pada kontrol kumputer dan elektro industri. Program ini bertujuan untuk pembelajaran di industri dan masyarakat. Penelitian di departemen ini menghasilakan produk yang apliaktif dan dapat digunakan oleh industri dan masyarakat, seperti squential timer yang telah diujicoba pada industri dan kursi roda elektrik dengan sinyal otot. Tidak hanya berupa produk penelitian tapi juga menghasilkan jurnal penelitian. Program penelitian Departemen Teknologi Elektro Otomasi didukung oleh empat  laboratorium dan memiliki fokus bidang penelitian yang berbeda, yaitu :

  1. Laboratorium Sistem Komputer dan Otomasi  : Topik penelitian yang ada di laboratorium ini adalah Computerized Numerical Control dan Machine Tools, Large Scale Industries, Industrial Robotics, Intelligent Unmanned Vehicle, State Automation, Hardware In the Loop Simulation dan Program Mechatronics Technology Center. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini .
  2. Laboratorium Elektronika Dasar : Laboratorium ini bergerak di bidang elektronika dasar yang meliputi komponen dan alat ukur serta melaksanakan pembelajaaran, pengembangan dan layanan jasa perbaikan untuk perlengkapan rumah tangga dengan teknologi sensor. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini .
  3. Laboratorium Elektronika Terapan : Penelitian laboratorium elektonika terapan mempunyai topik tentang mitigasi bencana, konservasi dan energi terbarukan, robotika, otomasi industri pada UKM, pertanian dan peternakan. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini .
  4. Laboratorium Programmable Logic Controller (PLC) :Topik peneletian yang ada di laboratorium ini adalah integrasi antar peralatan kontrol dan SCADA berbasis PLC. Program kerja dari laboratorium ini meliputi pelayanan praktikum, pelatihan eksternal / internal, kunjungan industri, penelitian, pengabdian masyarakat, program magang, dan menjadi pelaksana atau peserta kompetisi. Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini .

Departemen Teknologi Elektro Otomasi melakukan kerjasama dengan berbagai institusi seperti institusi pendidikan dalam negeri dan luar negeri, industri dan intansi, Tempat Uji Kompetensi (TUK) dibawah Lembaga Sertifikasi Profesional Elektronika Nasional (LSP ENAS). maupun departemen lain di ITS.

Program singkat disediakan oleh tim Departemen Teknologi Elektro Otomasi melalui kerjasama tim laboratorium teknik pengaturan dengan laboratorium otomasi dan sistem komputer. Durasi program ini dilaksanakan selama 6 minggu dan dipandu oleh 9 instruktur yang berkompeten. Jenis program singkat yang ditawarkan, adalah :

  1.   Control System I
  2.   Control System II
  3.   Modern Control System
  4.   Microprocessor and Interfacing
  5.   Robotics
  6.   Computer Programming
  7.   Machine Learning & Intelligent Control System

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Elektro Otomasi ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Elektro Otomasi ITS.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image