Teknik Transportasi Laut

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Mencetak Ahli Dalam Transportasi Laut

Indonesia merupakan Negara kepulauan di dunia dengan garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada. Dengan luas perairan mencapai 2/3 dari seluruh wilayah, maka peranan sector transportasi laut menjadi sangat strategis dan vital bagi Indonesia tidak hanya dari aspek ekonomi, tetapi juga dari aspek ideologi, politik, social dan budaya serta pertahanan dan keamanan.

Peranan sektor transportasi laut yang demikian besar menuntut adanya Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang transportasi laut. Salah satu cara peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia adalah melali sektor pendidikan khususnya pendidikan tinggi.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merupakan salah satu institute teknologi terbesar di Indonesia dan merupakan pusat pengembangan teknologi kemaritiman nasional. Fakultas Teknologi Kelautan yang menjadi ujung tombak dalam pengembangan teknologi kemaritiman di ITS. Di dalam Fakultas Teknologi Kelautan terdapat Departemen Teknik Transportasi Laut yang menjawab tantangan dalam pengembangan sektor transportasi laut yang focus mempelajari bidang logistic meritim, pelayaran dan kepelabuhan.

Program Studi Sarjana (S1)

Mahasiswa akan mendapat pengetahuan teori sains alam dan matematika, teori ekonomi dan manajemen, teori bangunan dan perancangan kapal, perencanaan pelabuhan, teori optimasi dan perencanaan jaringan, teori perencanaan armada kapal, dan wawasan perkembangan teknologi mutakhir di bidang rekayasa transportasi laut. Tugas Akhir di Departemen Teknik Transportasi Laut dikategorikan berdasarkan bidang Pelayaran, Pelabuhan dan Maritim Logistik.

Program Studi Magister (S2)

Program Pascasarjana bidang Teknik Transportasi Laut saat ini masih diselenggarakan oleh Departemen Teknik Perkapalan yang merupakan induk dari Departemen Teknik Transportasi Laut. Informasi selengkapnya dapat dilihat di na.its.ac.id

Dalam bidang penelitian , Departemen Teknik Transportasi Laut mempunyai fokus pada bidang pelayaran (shipping), bidang kepelabuhan dan Bidang logistik maritim. Produk penelitian yang dapat diimplementasikan , adalah : istow dan voyage estimator yang dilakukan oleh Dr.-Ing. Setyo Nugroho dan Tim dan bekerjasama dengan PT Samudera Shipping Services – Jakarta, salah satu anak perusahaan dari PT Samudera Indonesia Group. Sarana laboratorium juga disediakan untuk program penelitian yang dibagi menjadi  :

  1. Laboratorium komputasi dan riset operasi : Laboratorium yang menjadi pusat teknologi informasi dan komunikasi yang unggul dalam menunjang kegiatan pembelajaran berbasis komputasi
  2. Laboratorium transportasi laut dan logistik : Laboratorium pendidikan dan penelitian untuk pengembangan bidang transportasi laut dan logistik maritim
  3. Laboratorium telematika transportasi laut :Laboratorium dengan reputasi nasional dan internasional dalam bidang telematika transportasi laut
  4. Laboratorium infrastruktur dan pelabuhan :Laboratorium yang menjadi pusat pendidikan di bidang kepelabuhan

Kolaborasi telah dilakukan oleh Departemen Transportasi Laut dengan PT. Samudera Shipping Services, PT. PLN (Persero), PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai, Kementerian Perdagangan RI. Kolaborasi yang dilakukan melalui bidang pendidikan dan penelitian pada bidang pelayaran, kepelabuhan dan logistik maritim.

Transportasi Laut

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Transportasi Laut ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Transportasi Laut ITS.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image