Teknik Perkapalan

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Mengembalikan Kejayaan Maritim Indonesia di Panggung Global

Departemen Teknik Perkapalan ITS merupakan pelopor pengembangan ilmu kemaritiman di Indonesia dan Asia Tenggara. Mahasiswa departemen ini akan mempelajari, meneliti, mendesain pembangunan kapal, pengembangan sistem transportasi hingga menjalankan operasi bisnis dalam armada laut. Saat ini terdapat empat area keahlian di Departemen Perkapalan, yakni Rekayasa Kapal, Bidang Hidrodinamika, Bidang Konstruksi dan Kekuatan, serta Bidang Produksi Kapal.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka program kemaritiman pertama kali pada tahun 1960. Sejak saat itu, departemen ini telah berhasil meluluskan ribuan sarjana dalam bidang teknik perkapalan dengan alumni bekerja di berbagai bidang kemaritiman. Departemen Teknik Perkapalan juga telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Sebagai Departemen ilmu maritim tertua di Indonesia dan ASEAN, Departemen Teknik Perkapalan ITS menjadi referensi bagi ilmu kemaritiman di generasi setalahnya. Dalam program pascasarjana, ITS telah bekerjasama dengan The University of Newcastle Upon Tyne sejak tahun 1992 dan terus melakukan pengembangan dalam bidang kemaritiman global.

Di bawah bimbingan pengajar yang telah handal di bidangnya, mahasiswa tidak hanya belajar soal teori, namun juga dibiasakan untuk menyelesaikan persoalan yang nyata. Untuk mendukung kegiatan akademiknya, Departemen Teknik Perkapalan mempunya ruang referensi lengkap tentang ilmu perkapalan, studio mengambar teknik serta laboratorium dan workshop untuk memproduksi model kapal. Hal ini mengakibatkan iklim kampus di departemen ini kondusif untuk akademik maupun pergaulan sosial yang amat kental dengan ilmu kemaritiman.

Sebagai pelopor studi tentang kemaritiman di Indonesia, lulusan Teknik Perkapalan memiliki keuntungan yakni penguasaan dalam semua basis ilmu keteknikan. Dibawah bimbingan pengajar yang telah berpuluh tahun mendedikasikan diri dalam ilmu kemaritiman. Lulusan teknik perkapalan tidak hanya dibimbing untuk menjadi engineer, namun juga engineer yang pandai berkomunikasi, mandiri, logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan dan implementasi ilmu perkapalan.

Program Studi Sarjana (S1)

Program sarjana mempunyai beban studi 144 sks yang dijadwalkan dalam delapan semester, dan dibagi dalam tahap persiapan dengan beban studi 36 sks yang dijadwalkan dalam dua semester, dan tahap sarjana dengan beban studi 108 sks yang dijadwalkan dalam enam semester. Pada tahap persiapan, mahasiswa dibekali mata kuliah dasar umum, mata kuliah basic science, dan mata kuliah pengantar ilmu Perkapalan. Pada tahap sarjana dibekali pengetahuan dasar teknik, dasar khusus dan keahlian yang menjadi ciri pokok profesi teknik perkapalan serta tugas praktikum dan tugas desain. Tugas Akhir (Skripsi) merupakan puncak program pendidikan yang dapat berupa desain, penelitian, atau pengkajian teoritis terhadap suatu masalah. Gelar yang diperoleh lulusan adalah Sarjana Teknik (S.T.) yang rata-rata diselesaikan dalam 4 tahun atau 8 semester.

Program Studi Magister (S2)

Gelar yang diperoleh lulusan adalah Magister Teknik (M.T). Mahasiswa dinyatakan lulus apabila sudah menempuh total 36 sks lulus yang terdiri dari kuliah wajib, mata kuliah pilihan, penelitian dan penulisan tesis sesuai dengan kurikulum. Masa studi program ini normalnya 4 semester (2 tahun). Program Magister ini tergabung ke dalam Program Pascasarjana Teknoogi Kelautan (PPsTK) dengan bidang keahlian Teknik Produksi Material dan Kelautan (TPMK) – Konsentrasi Industri Perkapalan. Bidang konsentrasi yang ditawarkan adalah Perancangan kapal, hidrodinamika kapal, konstruksi kapal, industri kapal, dan transportasi laut.

Program Studi Doktoral (S3)

Gelar yang diperoleh lulusan adalah Doktor (Dr). Beban studi yang diwajibkan adalah 42 sks untuk mahasiswa yang berasal dari program magister yang sebidang dan dijadwalkan dalam 6 semester, serta 72 sks untuk mahasiswa yang berasal dari program magister yang tidak sebidang dan dijadwalkan dalam 8 semester. Program Doktor ini tergabung ke dalam Program Pascasarjana Teknoogi Kelautan (PPsTK) dengan bidang keahlian Teknik Produksi Material dan Kelautan (TPMK) – Konsentrasi Industri Perkapalan. Bidang konsentrasi yang ditawarkan adalah Perancangan kapal, hidrodinamika kapal, konstruksi kapal, industri kapal, dan transportasi laut.

Salah satu misi Departemen Teknik Perkapalan adalah melaksanakan penelitian yang relevan di bidang teknik perkapalan di tingkat ASEAN. Jenis penelitian yang telah dilakukan oleh Departemen Teknik Perkapalan terdiri dari penelitian pemula, penelitian laboratorium, penelitian jurusan, penelitian Pendidikan Magister Doktor Sarjana Unggul, Penelitian SIDI (Sustainable Island Development Initiatives), Penelitian Kerjasama intenasional, penelitian strategis nasional, dan lainnya. Fokus bidang penelitian di Departemen Teknik Perkapalan yaitu Perancangan kapal, hidrodinamika kapal, konstruksi kapal, industri kapal, dan transportasi laut. Jurnal penelitian Departemen Teknik Perkapalan juga dipublikasikan pada seminar nasional dan internasional.

Program kerjasama yang telah dilakukan Departemen Teknik Perkapalan melalui kegiatan pengabdian masyarakat , bekerjasama dengan Conoco Philips, PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero), PT. Pertamina Trans Kontinental, PT. Palindo Marine, PC. Ketapang II LTD, BOPTN, PT Pertamina (Persero), PT Dharma Kreasi Nusantara, PT Geotindo Mitra Kencana, JOB Pertamina-Petrochina East Java, PT. Badak NGL, PT Palindo Marine Shipyard, PT Varia Usaha Beton, PT Rukindo, Star Energy (Kakap) LTD, PC. Ketapang II LTD, PT Industri Kapal Indonesia, PT Waskitas Beton Precast, Husky-CNNOC Madura Limited (HCML), PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT. ASDP Indonesia Ferry , PT Pelindo III, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur.

Ingin Tahu Lebih Lanjut?

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Perkapalan ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Perkapalan ITS.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image