Teknik Sistem Perkapalan

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Mendidik Profesional di Bidang Sistem dan Mesin Perkapalan

Departemen Teknik Sistem Perkapalan mencetak profesional dan akademisi muda yang mempunyai kemampuan dalam perancangan instalasi, manajerial, serta perawatan dan perbaikan untuk berbagai instalasi kapal dan bangunan lepas pantai. Di ITS, mahasiswa akan belajar secara intensif di bawah bimbingan 31 pengajar dengan komposisi 11 doktor,  tiga profesor dan pengajar dari Wismar University, Jerman di program double degree. Tak hanya disuguhkan pada teori, kalian juga dibiasakan untuk menyelesaikan problematika nyata dalam industri maupun masyarakat. Hal ini dilakukan melalui kegiatan Kerja Praktik (KP) yang diwajibkan bagi semua mahasiswa ITS.

Untuk mendukung iklim riset tersebut, Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS didukung oleh lima laboraturium yang menjadi pusat aktivitas riset mahasiswa dan dosen. Di luar kelas, kamu juga akan belajar dan bergaul dalam lingkungan dengan semangat untuk berkarya. Tak kurang inovasi dan prestasi yang diukir atas insiatif mahasiswa. Misalnya marine solar boat, inovasi kapal tenaga surya sejak 2012 lalu yang telah melalangbuana di kompetisi baik nasional maupun internasional. Departemen Teknik Sistem Perkapalan juga telah menjalin kerja sama dan memperoleh pengakuan dari badan keprofesian internasional Institute of Marine Engineering Science and Technology (IMarEST) serta The Royal Institute of Naval Architect (RINA). Sejak tahun 2011, DTSP juga telah bekerjasama dengan Wismar University, Jerman untuk menyelenggarakan program double degree in Marine Engineering.

Dengan banyak keterlibatan ITS dengan proyek dan program skala global, mahasiswa ITS juga turut tertular semangat berkontribusi dalam bidang maritim. Tak sedikit mahasiswa ITS yang menjadi delegasi bahkan memenangkan perlombaan internasional. Misalnya tim Jalapatih dan Barunastra yang telah bertolak ke Monaco dan Amerika Serikat. Tak sedikir pula mahasiswa ITS yang berkecimpung di berbagai usaha pengembangan masyarakat pesisir melalui organisasi mahasiswa maupun perlombaan.

Hal tersebut mengakibatkan alumni departemen ini telah diakui baik secara nasional maupun internasional dalam bidang kemaritiman. Saat ini, alumni Sistem Perkapalan ITS tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri dengan pekerjaan di bidang Shipyard/Offshores, industri kemaritiman, Shipping Company, Oil and Gas, Class Society, dan bidang lainnya yang sejenis.

Program Studi Sarjana (S1)

Mahasiswa akan mendapatkan kemampuan dalam perancangan instalasi serta skill manejerial dalam hal perawatan / perbaikan untuk berbagai sistem instalasi permesinan, perpipaan, kelistrikan, navigasi, automatisasi baik kapal atau bangunan lepas pantai.

Program Studi Double Degree Sarjana (S1)

Program Double Degree untuk jenjang pendidikan sarjana/Bachelor bidang keilmuan Marine Engineering diselenggarakan atas kerjasama antara Departemen Teknik Sistem Perkapalan – ITS dengan Hochschule Wismar University – Jerman dan Semarang Growth Centre (SGC). Program Double Degree in Marine Engineering yang sepenuhnya diselenggarakan di ITS, dirancang secara fleksibel untuk dapat diselesaikan dalam waktu 8 (delapan) semester, dengan tenaga pengajar berasal dari ITS dan Hochschule Wismar University – Jerman. Bagi mahasiswa yang berencana memperoleh pengalaman belajar langsung di Hochschule Wismar University – Jerman, dapat melanjutkan pendidikan di Hochschule Wismar University – Jerman untuk 2 (dua) semester terakhir, yang ketentuannya akan diatur kemudian. Lulusan Program Double Degree (Bachelor) in Marine Engineering akan memperoleh ijazah dan gelar Sarjana Teknik (S.T.) dari ITS dan Bachelor of Engineering (B.Eng) dari Hochschule Wismar University – Jerman.

Program Studi Magister (S2)

Program Studi Magister Teknik Sistem Perkapalan, lebih mengkhususkan kurikulumnya berkaitan dengan propulsi, keandalan, perawatan, permesinan, kelistrikan, sistem fluida dan perpipaan serta desain sistem manufaktur pada kapal, bangunan laut, hingga kelautan dan perikanan.

Program Studi Doktoral (S3)

Program Studi Doktor Teknik Sistem Perkapalan merupakan satu-satunya program studi strata 3 yang ada di Indonesia yang menawarkan pendidikan lanjut berkaitan dengan pengembangan teori/konsepsi/gagasan ilmiah, dan memberikan kontribusi, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berkaitan dengan teknologi sistem perkapalan. Program Studi Doktor Teknik Sistem perkapalan mengkhususkan kurikulumnya dalam pengembangan teknologi dalam lingkup ilmu teknik sistem perkapalan (marine engineering) yang berasal dari perpaduan multi disiplin terutama berkaitan dengan bidang rekayasa (engineering).

Departemen Sistem Perkapalan mempunyai fokus riset , yaitu :

  • Permesinan Kapal – Marine Power Plant (MPP)
  • Sistem Permesinan Kapal – Marine Machinery and System (MMS)
  • Perancangan dan Manufaktur Kapal – Marine Manufacture and Design (MMD)
  • Sistem Kelistrikan dan Otomasi Kapal – Marine Electrical and Automation System (MEAS)
  • Keandalan dan Keselamatan Sistem kapal – Reliability, Availability, Maintainability, and Safety (RAMS)
  • Operasi dan Maintenance Kapal – Marine Operation and Maintenance (MOM)
  • Sistem Perpipaan Kapal – Marine Pipeline System

Departemen Teknik Sistem Perkapalan mempunyai kerjasama yang baik dengan berbagai institusi pendidikan dalam dan luar negeri, perusahaan maupun instansi pemerintah baik untuk program pengembangan teknologi, magang, penempatan lulusan maupun studi lanjut. Departemen ini juga mempunyai Kerjasama Pendidikan  yaitu program Double Degree for Bachelor Degree (S1) in “Marine Engineering” with Wismar University of Technology – Germany.

Teknik Sistem Perkapalan

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image