Teknologi Informasi

Butuh Bantuan?

Silakan hubungi kami di sini:

Mengembangkan Keamanan Siber dan Teknologi Berbasis Internet

Departemen Teknologi Informasi hadir untuk mendukung dua dari lima bidang unggulan ITS yaitu ICT dan robotika , serta pemukiman.  Departemen ini memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan manajemen berbasis Teknologi Informasi.

Dalam menjalani perkuliahan, mahasiswa akan dibimbing oleh pengajar yang berkualitas. Jumlah tenaga pengajar di departemen teknologi informasi ini adalah  6 orang dosen yang memiliki kualifikasi 2 orang berpendidikan S3 dan 4 orang berpendidikan S2. Metode pengajaran yang diterapkan di departemen ini terus dikembangkan seperti Pekerti, Applied Approach (AA), English as Medium Instruction (EMI), dan Problem Based Learning (PBL). Kurikulum yang disusun selalu diperbaharui dengan mengacu kepada kurikulum terkini di bidang Teknologi Informasi.

Pembelajaran di Departemen Teknologi Informasi menerapkan program Student-Centered Learning yang menitikberatkan keaktifan mahasiswa melalui metode diskusi kelompok, presentasi kelompok, tugas individu dan tugas kelompok. Mahasiswa akan diberikan pembelajaran konsep dasar computing dan matematika, prinsip teknologi informasi, standar dalam teknologi informasi, proses analisis, perencanaan , pengelolaan dan evaluasi terkait sumber daya informasi, keterampilan umum dan khusus. Pembelajaran mahasiswa dilengkapi dengan sarana ruang kelas, perpustakaan, ruang penunjang dan laboratorium.

Lapangan kerja bagi lulusan teknologi informasi yaitu bidang spesialis keamanan siber, analis keamanan aplikasi, spesialis integrasi sistem, pengembang layanan awan dan spesialis IoT (Internet Of Things). Jenis pekerjaan bidang teknologi informasi antara lain arsitektur IT (layanan awan), help desk IT support, network administration & systems administration, network security, database development & database administration, web development & web programming, computer operator, engineering data network, administrator database, keamanan Infrastruktur dan perangkat lunak, teknisi network & sistem.

Program Studi Sarjana (S1)

Mahasiswa akan menyelesaikan mata kuliah wajib dan pilihan dengan total 159 sks. Program studi ini menawarkan lima bidang keahlian utama yaitu keamanan siber, keamanan aplikasi , integrasi sistem, layanan awan dan internet of things. Mahasiswa akan diberikan kemampuan untuk melakukan perencanaan dan pengelolaan teknologi informasi yang aman meliputi instalasi, integrasi, kastamisasi dan pemeliharaan, serta fokus pada metodologi pemanfaatan infrastruktur terkini.

Departemen Teknologi Informasi mempunyai arah penelitian di bidang keamanan siber dan infrastruktur teknologi informasi. Departemen ini juga melakukan publikasi jurnal ilmiah. Pengembangan riset di Departemen Teknologi Informasi dilakukan melalui sarana laboratorium yang terdiri dari :

  • Laboratorium Keamanan Siber : Laboratorium ini mempunyai fokus penelitian di bidang keamanan siber dan keamanan aplikasi.
  • Laboratorium Teknologi Smart City : Laboratorium ini mempunyai fokus penelitian di bidang internet of things untuk mendukung smart city, layanan awam dan integrasi sistem.

Bentuk kolaborasi yang dilakukan Departemen Teknologi Informasi berupa kerjasama pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, professional.

Teknologi Informasi

Pelajari lebih lanjut semua tentang Departemen Teknologi Informasi ITS melalui website di bawah ini. Jawab rasa penasaran Anda mengenai visi dan misi, kurikulum, kelompok penelitian, laboratorium yang tersedia, daftar para dosen, dan informasi terbaru mengenai Departemen Teknologi Informasi ITS.

Standarisasi Industri sebagai bakal alumni berkualitas

Mulailah mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai program yang memberikan kesiapan menghadapi dunia bekerja yang sesungguhnya serta sertifikasi keahlian yang diakui Internasional.

Image
Image
Image
Image